Tanggung Jawab dan Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Pandangan Islam
Abstract
Parents have an important role as child educators, which is a mandate given by God. Parents have an obligation to educate their children to be righteous children. Children who always believe and fear Allah SWT. Islamic education awakens the spiritual strength and willingness of children both in terms of morals and religion. This research is qualitative in nature using the type of library research (Library Research). Data analysis techniques using content analysis methods (content analysis). It is hoped that parents in coaching the family and planting education in the family for their children can give birth to a generation of nations with noble character and character.
Orang tua memiliki peranan penting sebagai pendidik anak merupakan amanah yang diberikan Tuhan. Orang tua mempunyai kewajiban untuk mendidik anaknya menjadi anak yang shalih. Anak yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Pendidikan Islam membangkitkan kekuatan dan kesediaan spiritual anak baik dari segi akhlak maupun agamanya. Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik analisis data dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Diharapkan orang tua dalam pembinaan di keluarga dan penananam pendidikan dalam keluarga terhadap anak dapat melahirkan generasi bangsa yang berakhlak dan berkarakter mulia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghla, ¬Ummi (2004) Mengakrabkan Anak pada Ibadah, Jakarta: Almahira.
Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 3(1), 37–46. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/180
Anshor, Maria Ulfah dan Abdullah Ghalib (2010) Parenting with Love: Panduan Islami Mendidik Anak Penuh Cinta dan Kasih Sayang, Bandung: Mizania.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Harahap, Syahrin (1999) Islam; Konsep dan Imlementasi Pemberdayaan. Cet,I. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Imam Bukhari, Shahih Bukhari, Dar Tauq al-Najah
Imam al-Bazzar, Musnad al-Bazzar, Juz 15, Madinah: Maktabah al-Ulum wa al-Hikam.
Izzah, N. I. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pendidikan Agama Islam. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 35–46. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/5
Mardiyah, M. (2015). Peran orang tua dalam pendidikan agama terhadap pembentukan kepribadian anak. Jurnal Kependidikan, 3(2), 109-122.
Muhibbin Syah (2010) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad, ¬Sayyid al-Za’balawi (2007) Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa,terj. Al-Kattanie dan Attaqi, Jakarta: Gema Insani Press.
Nafisah, F. T., & Zafi, A. A. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 08(1), 1–20. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20
Nasution, Harun (1995) Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran. Jakarta: Mizan.
Roesli, M., Syafi'i, A., & Amalia, A. (2018). Kajian islam tentang partisipasi orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 332-345.
Roqib, Moh (2009) Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LKiS.
Setiawan, I. (2015). UPAYA ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, 1(2).
Tafsir, Ahmad (1994) Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Usman, A. S. (2017). Tanggung Jawab Orang Tua terhadap Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 112-127.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30-37.
Zulfahmi, Junias & Sufyan. (2018). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perspektif Pendidikan Islam. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9(1): 49-64
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i2.17
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora