Analisis Isi Sikap Sosial Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Abstract
The purpose of this study is to find the embodiment of social attitudes that will be achieved through textbooks. The study in this article uses content analysis of textbooks used in PAI and Budi Pekerti learning. People's lives today are surrounded by various challenges. The challenge is in the form of high social and economic disparities. In addition, in the Indonesian context, society consists of various ethnic, racial, and religious backgrounds. At this time, society in the framework of globalization is facing acculturation of western culture that is different from local conditions. Therefore, it is important that social attitudes are formed through the learning process at school. One of the efforts is the learning of Islamic religion and manners, where Islamic teachings not only teach human relations with God, but also relationships with fellow humans. The results of the study show that social attitudes are reflected in graduate competency standards, content standards, core competencies and basic competencies, and textbooks. The concept of social attitudes in the form of honesty, courtesy, empathy, and responsibility. These attitudes are manifested in all religious activities and daily activities.
Tujuan kajian ini adalah untuk menemukan perwujudan sikap sosial yang akan dicapai melalui buku ajar. Kajian dalam artikel ini menggunakan analisis isi buku teks yang digunakan dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Kehidupan masyarakat pada saat ini dilingkupi oleh berbagai tantangan. Tantangan tersebut berupa masih tingginya kesenjangan sosial dan ekonomi. Selain itu dalam konteks Indonesia masyrakat terdiri dari berbagai latar belakang suku, ras, dan agama. Pada saat ini juga masyarakat dalam kerangka globalisasi menghadapi akulturasi budaya barat yang berbeda dengan kondisi lokal. Oleh sebab itu penting sikap sosial dibentuk melalui proses pembelajaran di sekolah. Salah satu upayanya adalah pembelajaran agama islam dan budi pekerti, di mana ajaran Islam tidak hanya mengajarkan relasi manusia dengan Allah, namun juga relasi dengan sesama manusia. Hasil kajian menunjukkan bahwa sikap sosial tergambar mulai standar kompetensi lulusan, standar isi, kompetensi inti dan kompetensi dasar, dan buku ajar. Konsep sikap sosial berupa jujur, santun, empati, dan bertanggung jawab. Sikap-sikap tersebut diwujudkan dalam segala aktivitas peribadahan dan aktivitas keseharian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsan, M., Sumiyati, & Mustahdi. (2017). Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://files/111/Kelas_07_SMP_Pendidikan_Agama_Islam_dan_Budi_Pekerti_Siswa_2017.pdf
Alhashmi, M., Bakali, N., & Baroud, R. (2020). Tolerance in UAE Islamic Education Textbooks. Religions, 11(8), 377. https://doi.org/10.3390/rel11080377
Bashori. (2017). Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan. Tadrîs, 12(2), 161–180. http://files/6/1269-2937-1-PB.pdf
Bialangi, M. S., & Kundera, I. N. (2018). Pengembangan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Biologi: Kajian Potensi Pembelajaran Kooperatif. Proceeding Biology Education Conference, 15, 138–145. http://files/64/27808-65742-1-SM.pdf
Dua Pemicu Ini Dicurigai Hilangkan Tata Krama Generasi Milenial. (2020). https://expostnews.com/dua-pemicu-ini-dicurigai-hilangkan-tata-krama-generasi-milenial/
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. 05(01), 9. http://files/171/Fajri - 2018 - BAHAN AJAR TEMATIK DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 201.pdf
Hilangnya Sopan Santun Siswa. (2020). https://news.okezone.com/read/2018/12/05/65/1987099/hilangnya-sopan-santun-siswa
Jamal, M. (2011). Konsep Al-Islam Dalam Al-Qur’an. Jurnal Al-Ulum, 11(2), 283–310. http://files/85/Jamal - KONSEP AL-ISLAM DALAM AL-QUR’AN.pdf
Permendikbud Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, (2007). http://files/104/Permendikbud_Tahun2007_Nomor019.pdf
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah, (2016). http://files/53/Salinan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016.pdf
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah, (2016). http://files/97/Salinan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016.pdf
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, (2016). http://files/99/Salinan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.pdf
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian, (2016). http://files/102/Permendikbud_Tahun2016_Nomor023.pdf
Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah, (2018). http://files/108/Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.pdf
Kodina, E. Y., Rama, B., Getteng, A. R., & Said, N. (2016). Hakikat Materi Akidah Perspektif Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Diskursus Islam, 04(3), 29. http://files/83/Kodina et al. - 2016 - HAKIKAT MATERI AKIDAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA .pdf
Mukhid, A. (2009). SELF-EFFICACY (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Tadrîs, 4(1), 106–122. http://files/4/247-360-1-SM.pdf
Permendikbud Tahun2015 Nomor 82 Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan, (2015). http://files/78/Permendikbud_Tahun2015_Nomor082.pdf
Pranjia, U. R., Ulpa, I. M., & Manthika, S. P. (2020). Implementasi Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Sistem Full Day School. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 31–43. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5032
Pratiwi, H. (2020). Westernisasi Ilmu dalam Islamic Worldview. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 59. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3206
Roets, A., Van Hiel, A., & Cornelis, I. (2006). Does Materialism Predict Racism? Materialism as a Distinctive Social Attitude and a Predictor of Prejudice. European Journal of Personality, 20(2), 155–168. https://doi.org/10.1002/per.573
Rosmayanti, E. (2020). Upaya Penggunaan Model Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Aspek Spiritual Siswa SD 2 Medini. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 85–92. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/9
Rozak, A. (2018). Al-Qur’an, Hadits, Dan Ijtihad Sebagai Sumber Pendidikan Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 85–101. http://files/87/Rozak - 2018 - ALQURAN, HADIS, DAN IJTIHAD SEBAGAI SUMBER PENDIDI.pdf
Rozak, A. (2020). Profesionalisme Guru Perspektif Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 64–83. http://files/89/Rozak - 2020 - PROFESIONALISME GURU PERSPEKTIF ISLAM.pdf
Rozak, H. A. (2015). Revolusi Mental Bangsa Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Santifika Islamica, 2(1), 63–76. http://files/91/Rozak - 2015 - REVOLUSI MENTAL BANGSA MELALUI PENDIDIKAN ISLAM.pdf
Saat Kemendikbud Tekan Kekerasan pada Anak dengan “Kawal Sekolah Aman.†(2020). https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/22/095844165/saat-kemendikbud-tekan-kekerasan-pada-anak-dengan-kawal-sekolah-aman?page=all
Safitri, E. N., & Zafi, A. A. (2020). Konsep Humanisme Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 78–89. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/3842
Sayyi, A. (2017). Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Perspektif Azyumardi Azra. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 20. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1285
Suhaimi, S. (2019). Efektifitas Matakuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Moral Mahasiswa: Studi Diskriptif-Analitis di Universitas Madura. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 60. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2422
Sunengsih, N. (2020). Analisis Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Nasional. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.36840/ulya.v5i1.237
Thonthowi. (2008). Pendidikan dan Tradisi (Menakar Tradisi Pendidikan Pesantren). Tadris, 3(2), 150–165.
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905
Tsalatsa, R. (2016). Pengembangan Buku Guru Dan Buku Peserta Ddidik Berkarakter Berbasis Kurikulum 2013 Pada SD Kelas III. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6, 69. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.946
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2020). http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf
Wyant, A., Manzoni, A., & McDonald, S. (2018). Social Skill Dimensions and Career Dynamics. Socius, 4, 2378023118768007. https://doi.org/10.1177/2378023118768007
Zahara, A., Harun, M. Y., & Abdi, A. W. (2017). Hubungan Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Gegrafi FKIP Unsyiah, 2(3), 1–11. http://files/72/Zahara et al. - 2017 - HUBUNGAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DENGAN H.pdf
Zaini, Z., & Ramlan, R. (2019). Penguatan Pendidikan Aqidah Anak Dari Penyimpangan Budaya Online. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 201. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2736
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v2i1.29
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora