Pendampingan Belajar Matematika Bermakna di Desa Gondosari Kabupaten Kudus

Putri Nur Malasari, Muhammad Khairul Fatihin, Ahmad Saiful Umam, Indah Tri Sundari, Arina Yusril Muna

Abstract


Tugas rumah mata pelajaran matematika masih menjadi momok bagi siswa Sekolah Dasar (SD) di Desa Gondosari Kabupaten Kudus. Di sisi lain, rata-rata orang tua tua mempunyai keterbatasan dalam mengajarkan matematika di rumah. Berpondasikan masalah tersebut, pengadian masyarakat ini bertujuan untuk memfasilitasi motivasi, prestasi belajar matematika, serta memberikan pengalaman belajar matematika bermakna bagi siswa. Metode service learning digunakan untuk melaksanakan pendampingan belajar. Sejumlah 45 siswa terlibat aktif dalam pendampingan belajar matematika. Pelaksanaan pendampingan belajar dilaksanakan dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan tingkatan kelas. Data pengabdian yang diperoleh dari hasil tes matematika dan wawancara dianalisis secara naratif deskriptif. Hasil pendampingan belajar menunjukkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa mengalami perkembangan yang baik.

Keywords


Belajar Bermakna; Pendampingan Belajar; Pengabdian Masyarakat; Matematika

Full Text:

PDF

References


Ausubel, D. P. (1978). Educational Psychology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Ausubel, D. P. (1978). In defense of Advance Organizers: A Reply to the Critics. Review of Educational research, 48(2), 251-257.

Darmayanti, N., Manurung, K. S. B., Hasibuan, H., Puspita, S., Ginting, M. F. S., & Harahap, M. A. (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3388-3395.

Hamidah, H., & Kusuma, J. W. (2021). Pendampingan Belajar Matematika Membuktikan Luas Lingkaran Dengan Pendekatan Luas Bangun Datar Lainnya. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 385-395.

Hidayah, N., & Islamiah, N. (2022). Pendampingan belajar matematika metode jarimatika di taman baca karlos. Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 184-188.

Gazali, R. Y. (2016). Development of Mathematics Teaching Materials for Junior High School Students Based on Ausubel Learning Theory. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192.

Gerholz, K. H., Liszt, V., & Klingsieck, K. B. (2018). Effects of Learning Design Patterns in Service-Learning Courses. Active Learning in Higher Education, 19(1), 47-59.

Mustika, J. (2022). Oemah matematika: Pendampingan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Anak-anak di Kelurahan Yosorejo. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 101-107.

Moll, L. C. (1994). Vygotsky and Education: Instructional Implications and Applications of Sociohistorycal Psychology. Cambrige: University Press.

Nugraha, T., Fuadah, U.S., Amalia, A., & Karso, K. (2020). Aplikasi Discovery Learning Menggunakan Tali (Track A Line Idea) untuk Mendeteksi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 132-140. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/25087.

Nurhasanah, A., Ramadhanti, S., Utami, S., & Putri, F. A. (2022). Improving elementary school students' understanding of the concept through meaningful learning in David Ausbel's perspective. Jurnal Basicedu, 6(4), 5728-5734.

Prabowo, S. A., Ardhi, M. W., & Widiyanto, J. (2016). Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran Biologi Pada Sekolah Formal Dan Lembaga Bimbingan Belajar Non-Formal di Kota Madiun. Jurnal Penelitian LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IKIP PGRI Madiun, 3(1), 31-35.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17.

Van de Pol, J., Volman, M., & Beishuizen, J. (2010). Scaffolding in Teacher–Student Interaction: A decade of research. Educational Psychology Review, 22, 271-296.

Zulvira, R., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846-1851.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.