Konsep Organizational Intelligence Dalam Kepemimpinan Pendidikan

Cipto Ulomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan memberikan pandangan yang berbeda mengenai organizational intelligence (kepandaian organisasi) terhadap kepemimpinan pendidikan. Mengenai bagaimana pentingnya organizational intelligence seorang leader dalam memberikan kontribusinya untuk organisasi yang dipimpinnya. Penelitian ini menggunakan metode literature review atau studi literatur. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkapkan berbagai teori yang relevan dengan permasalahan yang sedang dihadapi atau diteliti sebagai bahan rujukan dalam pembahasan dari hasil penelitian. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa knowledge management menghasilkan kemampuan berorganisasi tidak serta merta berhasil, namun harus ditekankan secara terus menerus sehingga lingkungan dapat menerima dengan baik walaupun memang tidak dapat disalahkan bahwa fase pemahaman mengenai organizational intelligence sangat muda untuk diterima. Pentingnya organizational intelligence sebagai seorang leader memang sangat diperlukan. Bukan hanya harus memiliki jiwa leading, namun kemampuan-kemampuan pendukung haruslah menjadi bahan utama ketika seseorang mengabdikan dirinya sebagai seorang pemimpin organisasi.


Keywords


Kepemimpinan; Organisasi; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. R. T. (2019). Manajemen Organisasi: Teori dan Kasus. Sulawesi: IAIN Parepare Nusantara Press.

Duryat, M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi dalam Berkontestasi di Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fatonah, I. (2017). Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Tarbawiyah, 10 (2), 109-125.

Hutagalung, D. et al. (2021). Membangun Inovasi Organisasi: Antara Kepemimpinan Transformasional dan Proses Manajemen Pengetahuan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6), 4568 – 4583.

Hariyadi, A., (2014). Peran Pengawas Dalam Menerapan Manajemen Mutu Terpadu di Sekolah. Jurnal. Jurnal Manajemen dan Penelitian Akutansi. 7 (2) hlm. 124-143

Hariyadi, A., el at., (2018). Charismatic Leadership of Kiai in Developing an Organizational Culture of Islamic Boarding School. Jurnal. The Journal of Educational Development. 6 (1) hlm. 44-53

Hariyadi, A,. 2018. Model Peningkatan Kualitas Guru Berbasis Kinerja. Proseding Universitas Muria Kudus.

Hariyadi, A., Agus Darmuki. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri.Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.

Hariyadi, Ahmad. 2018. User Of Smart Ladder Snanke Media to Improve Stundent Learning Outcomes Of IV Grade Students of State Elementary School I Doropayung Pancur Rembang. Refleksi Edukatika. Vol. 9 (1), 107-111

Hariyadi, A., Fuadul, M., & Aldinda Putri (2021) Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Audio Visual Pada Mata Kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika Vol 12(1) 110-11

Hariyadi, A., 2020. Kepemimpinan Karismatik Kiai dalam Membangun Budaya Organisasi Pesantren. Jurnal Equity in Education Journal (EEJ). 02 (02).

Hartina, Hariyadi, A., Tukiyo & Rona D., Ismaeel S. (2022) Strangthening Charateristics of Organizational Structures as An Effort To Improve Madrasah Employee Parformance. Al-Tanzim: jurnal Manajemen Pendidikan Islam. (6), 3. 880-893

Karimi, F. & Akbari, M. (2014). The Mediation Role of Organizational Intelligence in Relationship Between Organizational Learning Capability and Organizational Citizenship Behavior. International Journal of Scientific Management and Development, 3 (4), 261-268.

MOE. (2013). Professional Standards for school principals of compulsory education. Retrieved from http://www.moe.edu.cn/publicfiles/business/htmlfiles/moe/s7148 /201302/147899.html

Mukhlasin, A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tawadhu, 3 (1), 674-692.

Masbullah, M, Amru Bin As, Naili M, Ahmad H,. (2023) Implementasi Manajemen Keuangan Sekolah dalam Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial dan Budaya. (6), 1. Hlm. 92-101

Na, J., Sumintono, B., & Yan-Li, S. (2020). Principal’s Preparation and Professional Development Programs: Case Study in Henan Province, China. Malaysian Online Journal of Educational Management (MOJEM), 8 (2), 19-31.

Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22 (1), 66-86.

Peramesti, N. P. D. Y. & Kusmana, D. (2018). Kepemimpinan Ideal Pada Era Generasi Milenial. Jurnal Manajemen Pemerintahan, 10 (1), 73-84.

Pohan, H. A. (2019). Kepemimpinan di Era Milenial Ditinjau dari Aspek Komunikasi. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan, 3 (2), 156-174.

Purba, S. et al. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ruhiyat, Y. (2020). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Madrasah di Balai Diklat Keagamaan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27 (1), 134-145.

Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7 (1). Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/898

Soebagio, P. (2018). Mengenal Kepemimpinan dan Model Kepemimpinan. Retrieved from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jateng/baca-artikel/12708/Mengenal-Kepemimpinan-dan-Model-Kepemimpinan.html

Suprihatin, D., & Hariyadi, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. Vol. 7. No. 4, 1384-1393.

Supena, I., Darmuki, A., &Hariyadi, A. (2021).The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes.International Journal of Instruction, 14(3), 873-892.https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a

Shofwani, S. A., & Ahmad Hariyadi,. 2019. Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Universitas Muria Kudus. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 11 (1), 52-65.

Tohardi, A. (2002). Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i1.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora