Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Penjaskes Materi BelaDiri (Pencak Silat) Menggunakan Aplikasi Whatsapp Group Media Power Point Pada Siswa Kelas VI MI Nurul Islam Karangpaing, Grobogan Semester I Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
INCREASING ACTIVITY AND LEARNING OUTCOMES IN PEDIATRIC HEALTH MATERIAL BELADIRI (PENCAK SILAT) USING THE WHATSAPP GROUP APPLICATION WITH POWERPOINT MEDIA IN CLASS VI STUDENTS MI NURUL ISLAM KARANGPAING – GROBOGAN SEMESTER 1 OF THE 2019/2020 ACADEMIC YEAR.
The aim of this research is to determine the increase in student learning outcomes after implementing the use of WhatsApp groups with PowerPoint media in learning Penjaskes and martial arts material (pencak silat). The type of research is classroom action research with the stages of each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. The research subjects were 25 class VI students at MI Nurul Islam Karangpaing, Penawangan - Grobogan Semester 1 of the 2019/2020 academic year. Data collection techniques and tools use test and non-test techniques (observation and documentation). The data validation technique uses triangulation techniques. The data analysis method in this research uses qualitative data analysis. The research results showed that learning activity showed an increase from 28.00% or 7 students increased to 72.00% in the first cycle or as many as 18 students, and in the second cycle to 92.00% or as many as 23 students were declared complete in the last cycle and the increase the average initial study learning outcome was 58.00 to 67.20 in the first cycle, and in the second cycle it was 77.20 and the learning completeness increased from 5 students or 20.00% to 16 students or 64.00% and 22 students or 88.00% in the second cycle. From the results obtained above, it can be concluded that in the second cycle, the process of implementing learning improvements was declared successful and complete in the second cycle. From the explanation above, it can be concluded that using Whatsapp Group with Powerpoint Media can improve the process and student learning outcomes.
Keywords: learning outcomes, whatsapp group, powerpoint media
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan penggunaan whatsapp group dengan media powerpoint dalam pembelajaran Penjaskes materi beladiri (pencak silat).Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI MI Nurul Islam Karangpaing,Penawangan - Grobogan Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 25 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data  menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwakeaktifan belajar menunjukkan peningkatan dari 28,00% atau 7 siswa meningkat menjadi 72,00% pada siklus pertama atau sebanyak 18 siswa, dan pada siklus kedua menjadi 92,00% atau sebanyak 23 siswa dinyatakan tuntas pada siklus terakhir dan kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 58,00 menjadi 67,20 pada siklus pertama, dan pada siklus kedua menjadi 77,20serta peningkatan ketuntasan belajar dari 5 siswa atau 20,00% menjadi 16 siswa atau 64,00% dan 22 siswa atau 88,00% pada siklus kedua. Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan Whatsapp Group dengan Media Powerpoint dapat meningkatkan proses, hasil belajar siswa.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta.
Andriyanto (2016). Startegi Pembelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Kencana.
Anton, M, Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asih, Nadia Nurmala (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Knisley dengan Metode Brainstorming Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang. FMIPA UNNES.
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Barhoumi, Chokri. (2015). “The Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity Theory on Students’ Knowledge Management.†Contemporary Educational Technology 6(3):221–38.
Darminto, A. O. (2017). Analisis Minat Belajar Penjas Terhadap Kemampuan Bermain Sepakbola pada Siswa Putera SMA Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. Jurnal Genta Mulia, 8(1), 1.
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Fathoni, A., & Suyahman. (2018). The Improvement of Social Science Learning Quality Through Applying The Integrated Social Interaction With Modified Behavior (ISOMOKAKU) Learning Model in Elementary School. Jounral of Education Social Science, 9(2), 175–179.
Herman Tarigan, 2003. Gerakan-Gerakan dalam Pencak Silat. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Jumiatmoko, M. (2016). Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 51.
Khairuni, Nisa.,“Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh),â€
Jurnal Edukasi Vol. 2.Nomor 1. Pascasarjana Universitas UIN ArRaniry.Januari 2016.
Lubis, Johansyah dan Hendro Wardoyo. 2014. Pencak Silat. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press
Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Muhajir (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kemendikbud
Nana Sudjana, 2004, Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar
Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Notosoejitno (1997). “Khazanah Pencak Silatâ€. Jakarta: Infomedika.
Pane, Aprida dan Muhammad Darwis Dasopang.2017. “Belajar dan Pembelajaranâ€. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(02):333-352.
Poerwadarminta, W.J.S. (1992). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka.
Pranajaya, & Hendra Wicaksono. (2018). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di
Kalangan Pelajar (Studi kasus Di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs jakarta Pusat). Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, Vol 7, No.1, 98–109.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
R. Kotot Slamet Hariyadi. (2003). “Teknik Dasar Pencak Silat Tandingâ€. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
Rachmawati,Lira.(2014). Pengaruh Pembelajaran Silmulasi Permainan terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dilihat dari Pengetahuan Awal Siswa. (Tesis), Universitas Pendidikan Indonesia.Bandung
Rudi Susilana.Cepi Riyana,.2006.Media Pembelajaran. Bandung :CV Wacana. Prima.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahrga dan Kesehatan. Jakarta: Prenada Media Group.
Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (201 9-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 1–4.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yensy, Nurul Astuty. 2020. Efektivitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia; Universitas Bengkulu. 5 (2) : 65 – 74.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i1.216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora