Hubungan Habits of Mind Matematis dengan Higher Order Thinking Skills Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Q., & Putri, F. N. S. (2020). Peningkatan Higherer Order Thinking Skills ( HOTS ) Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Problem Posing. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 39–48.
Alhamlan, S., Aljasser, H., Almajed, A., Almansour, H., & Alahmad, N. (2018). A Systematic Review : Using Habits of Mind to Improve Student ‟ s Thinking in Class. Higherer Education Studies, 8(1), 25–35. https://doi.org/10.5539/hes.v8n1p25
Alpindo, O., Mahrizal, & Amir, H. (2014). Pengaruh Pemberian Pertanyaan Higherer Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 Padang. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 3, 113–120.
Altakhyneh, B., & Aburiash, H. (2018). Impact of HoM in Mathematical Creative Thinking at Amman Schools. An - Najah Univ. J. Res. (Humanities), 32(2), 417–438.
Ardianingsih, A., Lusiyana, D., & Rahmatudin, J. (2019). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan HOTS Matematik Siswa. Mathline, 4(2), 148–161.
Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 263–268.
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higherer Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43.
Bidari, I. (2016). Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa. skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Costa, A. L., & Kallick, B. (2008). Learning and Leading with HoM 16 Essential Characteristics for Success. ASCD.
Cuoco, A., Goldenberg, E. P., & Mark, J. (1996). Habits of Mind : An Organizing Principle for Mathematics Curricula. Journal of Mathematical Behavior, 402, 375–402.
Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. JPPM, 11(2), 91–104.
Elyousif, Y. A. K., & Abdelhamied, N. E. (2013). Assessing Secondary School Teachers’ Performance In Developing HoM For The Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 2(2), 168–180.
Ezaldi, D., Firmansyah, E. H., Risali, H., Suryani, L., Putri, M. F., Aristi, R., & Rahmadani, Y. (2022). Meta Analisis : Higherer Order Thinking Skills . Journal on Education, 4(3), 891–896.
Fatimah, S. (2016). Pengaruh Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hanifah, A. N., Mirna, Mulianty, H. R., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dengan Habits of Mind Siswa SMK yang Menggunakan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(1), 29–36.
Haryono, D. (2015). Filsafat Matematika (Suatu Tinjauan Epistemologi dan Filosofis). Alfabeta.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. PT Remaja Rosdakarya.
Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy : An Overview. THEORY INTO PRACTICE, 41(4), 212–219.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155.
Leonard, & Linda, N. N. (2018). Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Dan Kecerdasan Musikal Terhadap Higherer Order Thinking Skills ( HOTS ). KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 193–208.
Lewy, Zulkardi, & Aisyah, N. (2009). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 14–28.
Lim, K., & Selden, A. (2009). Mathematical HoM. Proceedings of the 31st Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 5, 1576–1583.
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153–164.
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2020). Inquiry Co-operation model: An effort to enhance students’ mathematical literacy proficiency. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(1), 87-96.
Malasari, P. N., & Awofala, A. O. (2022). Emotional Quotient and Students’ Mathematical Problem-Solving Proficiency: A Meta-Analysis. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 5(2), 135-144.
Marzano, R. J., & Pickering, D. J. (1997). Dimensions of Learning Teacher’s Manual. McREL.
Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. INFINITY Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 174–188.
Nahdi, D. S. (2019). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higherer Order Thinking Skills) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 46–53.
Nurmala, N., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2019). Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Berpikir) Terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal On Education, 01(02), 163–168.
Qadarsih, N. D. (2017). Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits of Mind) Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal SAP, 2(2), 181–185.
Simamora, L. (2014). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 4(1), 21–30.
Suparman, U. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higherer Order Thinking Skills) Peserta Didik. Pusaka Media.
Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127–139. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Tri, Y., Rahayu, W., Qudsiyah, K., Cahyani, D., & Apriyani, N. (2020). Hubungan Resiliensi Matematis dengan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan Tahun Telajaran 2019/2020.
Wardani, S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan dalam Meningkatkan Higherer Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas VII SMPN 6 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. skripsi IAIN Salatiga.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v2i1.275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora