The Effect PjBL Model Based on STEAM and TPACK with Pakan Penyu Media on Mathematics Learning Outcomes

Siti Nur Hidayati

Abstract


This study aims to determine whether there is an effect of the PjBL model based on TPACK and STEAM with Pakan Penyu media on mathematics learning outcomes. This study uses an experimental research design One Sample t Test. The analysis used is descriptive statistics. The population used were students of SDN Gembong 02 with a sample of grade 2 students. The results of the Test of Normality output, obtained the Shapiro-Wilk Sig value of 0.109 > 0.05 so the data is normally distributed. Table One Sample t Test obtained Sig value. (2-tailed) 0.000 < 0.05, the output of the One Sample t Test table shows that the t count value 35,446 > t table 2,060, then H0 rejected and Ha accepted. So it can be concluded that there is an effect of PjBL model based on STEAM and TPACK with Pakan Penyu media on mathematics learning outcomes.

Keywords


PjBL Model; TPACK; STEAM Learning; Pakan Penyu Media

Full Text:

PDF

References


Aminatus, Siti Sholikah., & Bahrodin, Agria. 2021. “Korelasi Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Matematikaâ€. Inovasi Kurikulum. 18(2): 242-252.

https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/39560

Aningsih, & Sarah, S. A. 2021. “Model Picture And Picture Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sikus Air Siswa Sekolah Dasarâ€. Jurnal PEDAGOGIK. IX(1): 34-42.

https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/2992

Arti, Via Oktaviani, et al. 2020. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggnakan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engoneering, Arts, and Mathematics) Berbasis Daringâ€. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 5(2): 139-149.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3677

Aruna, Niken Timur. 2021. “Analisis Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi KPK dan FPB Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI)â€. JPGSD. 9(2): 1770-1781.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39616

Astuty, Nurul Yensy. 2022. “Workshop Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) bagi Guru SD Pondok Kelapaâ€. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS. 20(01): 133-145.

https://ejournal.unib.ac.id/dharmaraflesia/article/view/20891

Burhanudin, & Arisetyawan, A. 2021. “Mengintegrasikan Permainan Ular Tangga Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Nilai Kearifan Lokal Baduyâ€. DIDAKTIKA. 1(2): 331-342.

https://ejournal.upi.edu/index.php/didaktika/article/view/37311/pdf

Claudia, S., Suryana, Y., & Haki, O. P. 2020. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IIâ€. PEDADIDAKTIKA. 7(2): 210-221.

https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26382

Dewi, L. R. 2020. “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender Di SD IT Mutiara Insan Sorongâ€. Jurnal Papeda. 2(1): 17-26.

https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/406

Dwi, Nono Sari & Setiawan, Joni. 2020. “Papan Gekola Sebagai Media Pembelajaran Matematika Yang Inovatif Dengan Pendekatan STEAM. Jurnal Saintika†UNPAM: Jurnal Sains dan Matematika Umpan. 3(1): 31-41.

http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jsmu/article/view/4728

Dzulfikar, A., & Ayu, C. V. 2017. “Miskonsepsi Matematika pada Guru Sekolah Dasarâ€. Suska Journal of Mathematics Education. 3(1): 41-48.

https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/3409

Fahrudin, Ansari, & Shofiyauddin, A. I. 2021. “Pembelajaran Konvensioanl Dan Kritis Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Islamâ€. HIKMAH. 18(1): 64-80.

https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/101

Fauzy, A., Abdul, D. M. L., & Haki, O. P. 2020. “Penerapan Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Pada Siswa di Sekolah Dasarâ€. PEDADIDAKTIKA. 7(3): 188-196.

https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/28702

Gunawan, Dedi., Sutrisno, & Muslim. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritisâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(2): 249-261.

http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/11518

Hastuti, R. S. R., Haki, O. P., & Mulyadiprana, A. 2021. “Efektifitas Pembelajaran di Rumah Tentang Konsep Matematika di SDâ€. PEDADIDAKTIKA. 8(2): 312-319.

https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/35338

Indrawati, Farah. 2021. “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Melalui TPACKâ€. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta. 4 September 2021.

http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5588

Istiningsih. 2019. Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD. Yogyakarta: K-Media.

Kristiyanto, D. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learnig (PjBL)â€. Jurnal Mimbar Ilmu. 25(1): 1-10.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/24468

Kusumawati, et al. 2022. “Dampak Model Pembelajaran STEAM-2C Terintegrasi PjBL Dalam Pembelajaran IPAâ€. Prosiding. Seminar Nasional IPA XII Universitas Negeri Semarang. Semarang. 25 Juni 2022.

https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/issue/view/34/12

Lapase, M, H. 2021. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapaâ€. Jurnal Pedagogy. 8(2): 134-143.

https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3492

Latifah, Siti, & Rahan, Dadang Munandar. 2022. “Analisis Kesulitan Guru Matematika Dalam Menerapkan Pembelajaran Secara Daring Selama Pandemi Covid-19â€. JP3M. 8(1): 19-28.

https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/LTF81

Marlina, et al. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Marwa, Herlinawati, & Fadillah, S. 2021. “Workshop Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Penggunaan ICT bagi Guru SMAN 2 Kampar Kiri Tengahâ€. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 6(3): 656-666.

http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/704

Musyafiatun & Syaipul, Muhammd Hayat. 2022. “Potensi Penerapan STEAM dalam Pembelajaran Pencemaran Lingkunganâ€. Jurnal Kualita Pendidikan. 3(1): 6-9.

https://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/155/166

Nasrah, et al. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SDâ€. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 6(1): 1-13.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/4166

Neteria, F., Mulyadiprana, A., & Respati, R. 2020. “Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Dalam Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Sekolah Dasarâ€. PEDADIDAKTIKA. 7(4): 82-90.

https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25809

Norfika, R. Y. 2019. “Perilaku Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematikaâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 9(1): 57-72.

http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/4745

Nurcahya, A., & Siti, H. H. 2020. “Pemberian Penguatan (reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Manajeman Perkantoran. 5(1): 83-96.

https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/25855

Nurhasanah, Ana, & M., Zelela S. 2021. “Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasarâ€. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 5(2) : 204-211.

https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/20309

Nurhikmayati, Iik. 2019. “Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Jurnal Didactical Mathematics. 1(2): 41-50.

https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/1508

Nurjanah, Siti, & Nur’aeni, Epon L. 2020. “Kerangka Konseptual Pengembangan Permainan Tradisional Boi-boian Sebagai Media Ajar Sifat-Sifat Segitigaâ€. PEDADIDAKTIK. 7(2): 234-242.

https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25843

Rahmantika, Fida Hadi & Prisma, Rissa Kurniawan. 2022. “Analisis Kemampuan TPACK Mahasiswa Calon Guru Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SDâ€. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(1): 734-742.

https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/4320

Restiana, Nena. & Pujiastuti, Heni. 2019. “Pengukuran Technological Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggalâ€. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1): 83-94.

https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n1_08

Rizky, D. U., Yusuf, M. S., & Tika, A. D. 2019. “Ananlisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Ceritaâ€. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.3(4): 534-540.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22311

Sidik, P., & Tirto, S. M. 2019. “Analisis Sikap Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontruktivismeâ€. Prosiding. Seminar Nasioanl & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika di Universitas Siliwangi. Tasikmalaya, 19 Januari 2019.

https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/viewFile/1084/742

Sojanah, J., & Asmarani, I. H. 2020. “Kreativitas Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajeman Perkantoranâ€. 5(1): 118-128.

https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/25858

Sujana, M. H., Halini, & Yani, A. T. 2018. “Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas VIII SMP LKIA Pontianakâ€. JPPK. 7(7): 1-9.

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26214

Sulastri & Putri, Gita Cahyani. 2021. “Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). 9(3): 372-379.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/download/42939/37652/

Sultan. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC)â€. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika). 12(1): 1-35.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3918

Sunarti, M, Amril., & Vebrianto, R. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga SAINS Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Belajar IPA Di Sekolah Dasarâ€. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 12(1): 76-80.

https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/18508

Tri, A, A., & Wahyudi. 2020. “Kajian Pendekatan Pembelajaran STEM Dengan Model PjBL Dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswaâ€. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 5(2): 217-225.

http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/1804

Yulfitri, et al. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikaâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 04(02): 76-85.

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9755

Zendrato, Yuliarmawati, et al. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetaraan Pecahan Mata Uang Dengan Menggunakan Media Uangâ€. ASIMTOT:Jurnal Kependidikan Matematika. 3(2): 137-150.

https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT/article/view/1366




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v3i2.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora