The Effect PjBL Model Based on STEAM and TPACK with Pakan Penyu Media on Mathematics Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminatus, Siti Sholikah., & Bahrodin, Agria. 2021. “Korelasi Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Kelas 2 Pada Mata Pelajaran Matematikaâ€. Inovasi Kurikulum. 18(2): 242-252.
https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/39560
Aningsih, & Sarah, S. A. 2021. “Model Picture And Picture Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sikus Air Siswa Sekolah Dasarâ€. Jurnal PEDAGOGIK. IX(1): 34-42.
https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/2992
Arti, Via Oktaviani, et al. 2020. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggnakan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engoneering, Arts, and Mathematics) Berbasis Daringâ€. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 5(2): 139-149.
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3677
Aruna, Niken Timur. 2021. “Analisis Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi KPK dan FPB Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI)â€. JPGSD. 9(2): 1770-1781.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/39616
Astuty, Nurul Yensy. 2022. “Workshop Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) bagi Guru SD Pondok Kelapaâ€. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS. 20(01): 133-145.
https://ejournal.unib.ac.id/dharmaraflesia/article/view/20891
Burhanudin, & Arisetyawan, A. 2021. “Mengintegrasikan Permainan Ular Tangga Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Nilai Kearifan Lokal Baduyâ€. DIDAKTIKA. 1(2): 331-342.
https://ejournal.upi.edu/index.php/didaktika/article/view/37311/pdf
Claudia, S., Suryana, Y., & Haki, O. P. 2020. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IIâ€. PEDADIDAKTIKA. 7(2): 210-221.
https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26382
Dewi, L. R. 2020. “Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender Di SD IT Mutiara Insan Sorongâ€. Jurnal Papeda. 2(1): 17-26.
https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/406
Dwi, Nono Sari & Setiawan, Joni. 2020. “Papan Gekola Sebagai Media Pembelajaran Matematika Yang Inovatif Dengan Pendekatan STEAM. Jurnal Saintika†UNPAM: Jurnal Sains dan Matematika Umpan. 3(1): 31-41.
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jsmu/article/view/4728
Dzulfikar, A., & Ayu, C. V. 2017. “Miskonsepsi Matematika pada Guru Sekolah Dasarâ€. Suska Journal of Mathematics Education. 3(1): 41-48.
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/3409
Fahrudin, Ansari, & Shofiyauddin, A. I. 2021. “Pembelajaran Konvensioanl Dan Kritis Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Islamâ€. HIKMAH. 18(1): 64-80.
https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/101
Fauzy, A., Abdul, D. M. L., & Haki, O. P. 2020. “Penerapan Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Pada Siswa di Sekolah Dasarâ€. PEDADIDAKTIKA. 7(3): 188-196.
https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/28702
Gunawan, Dedi., Sutrisno, & Muslim. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritisâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(2): 249-261.
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/11518
Hastuti, R. S. R., Haki, O. P., & Mulyadiprana, A. 2021. “Efektifitas Pembelajaran di Rumah Tentang Konsep Matematika di SDâ€. PEDADIDAKTIKA. 8(2): 312-319.
https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/35338
Indrawati, Farah. 2021. “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Melalui TPACKâ€. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta. 4 September 2021.
http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5588
Istiningsih. 2019. Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI/SD. Yogyakarta: K-Media.
Kristiyanto, D. 2020. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learnig (PjBL)â€. Jurnal Mimbar Ilmu. 25(1): 1-10.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/24468
Kusumawati, et al. 2022. “Dampak Model Pembelajaran STEAM-2C Terintegrasi PjBL Dalam Pembelajaran IPAâ€. Prosiding. Seminar Nasional IPA XII Universitas Negeri Semarang. Semarang. 25 Juni 2022.
https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/issue/view/34/12
Lapase, M, H. 2021. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapaâ€. Jurnal Pedagogy. 8(2): 134-143.
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3492
Latifah, Siti, & Rahan, Dadang Munandar. 2022. “Analisis Kesulitan Guru Matematika Dalam Menerapkan Pembelajaran Secara Daring Selama Pandemi Covid-19â€. JP3M. 8(1): 19-28.
https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/LTF81
Marlina, et al. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Marwa, Herlinawati, & Fadillah, S. 2021. “Workshop Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Penggunaan ICT bagi Guru SMAN 2 Kampar Kiri Tengahâ€. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 6(3): 656-666.
http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/704
Musyafiatun & Syaipul, Muhammd Hayat. 2022. “Potensi Penerapan STEAM dalam Pembelajaran Pencemaran Lingkunganâ€. Jurnal Kualita Pendidikan. 3(1): 6-9.
https://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/155/166
Nasrah, et al. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SDâ€. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 6(1): 1-13.
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/4166
Neteria, F., Mulyadiprana, A., & Respati, R. 2020. “Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Dalam Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Sekolah Dasarâ€. PEDADIDAKTIKA. 7(4): 82-90.
https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25809
Norfika, R. Y. 2019. “Perilaku Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematikaâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 9(1): 57-72.
http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/4745
Nurcahya, A., & Siti, H. H. 2020. “Pemberian Penguatan (reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswaâ€. Jurnal Pendidikan Manajeman Perkantoran. 5(1): 83-96.
https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/25855
Nurhasanah, Ana, & M., Zelela S. 2021. “Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasarâ€. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 5(2) : 204-211.
https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/20309
Nurhikmayati, Iik. 2019. “Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Jurnal Didactical Mathematics. 1(2): 41-50.
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/1508
Nurjanah, Siti, & Nur’aeni, Epon L. 2020. “Kerangka Konseptual Pengembangan Permainan Tradisional Boi-boian Sebagai Media Ajar Sifat-Sifat Segitigaâ€. PEDADIDAKTIK. 7(2): 234-242.
https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25843
Rahmantika, Fida Hadi & Prisma, Rissa Kurniawan. 2022. “Analisis Kemampuan TPACK Mahasiswa Calon Guru Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SDâ€. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(1): 734-742.
https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/4320
Restiana, Nena. & Pujiastuti, Heni. 2019. “Pengukuran Technological Content Knowledge untuk Guru Matematika SMA di Daerah Tertinggalâ€. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1): 83-94.
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n1_08
Rizky, D. U., Yusuf, M. S., & Tika, A. D. 2019. “Ananlisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Ceritaâ€. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.3(4): 534-540.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22311
Sidik, P., & Tirto, S. M. 2019. “Analisis Sikap Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontruktivismeâ€. Prosiding. Seminar Nasioanl & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika di Universitas Siliwangi. Tasikmalaya, 19 Januari 2019.
https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/viewFile/1084/742
Sojanah, J., & Asmarani, I. H. 2020. “Kreativitas Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajeman Perkantoranâ€. 5(1): 118-128.
https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/25858
Sujana, M. H., Halini, & Yani, A. T. 2018. “Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas VIII SMP LKIA Pontianakâ€. JPPK. 7(7): 1-9.
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26214
Sulastri & Putri, Gita Cahyani. 2021. “Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). 9(3): 372-379.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/download/42939/37652/
Sultan. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC)â€. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika). 12(1): 1-35.
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3918
Sunarti, M, Amril., & Vebrianto, R. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga SAINS Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Belajar IPA Di Sekolah Dasarâ€. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 12(1): 76-80.
https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/18508
Tri, A, A., & Wahyudi. 2020. “Kajian Pendekatan Pembelajaran STEM Dengan Model PjBL Dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswaâ€. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 5(2): 217-225.
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/1804
Yulfitri, et al. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikaâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 04(02): 76-85.
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9755
Zendrato, Yuliarmawati, et al. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetaraan Pecahan Mata Uang Dengan Menggunakan Media Uangâ€. ASIMTOT:Jurnal Kependidikan Matematika. 3(2): 137-150.
https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT/article/view/1366
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v3i2.124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora