Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Course Riview Horay SDN Sumbermulyo 02 Pati
Abstract
This study aims to describe the learning process using the Course Riview Horay learning model, to find out whether through the Course Riview Horay learning model the activities of class V SD Negeri Sumbermulyo 02, and to find out whether the Course Riview Horay learning model can improve learning outcomes Theme 7 Subtema 1 Learning 2 grade V SD Negeri Sumbermulyo 02 for the 2019/2020 academic year. This type of research, namely Classroom Action Research, was carried out in 2 cycles with class V research subjects. Based on the analysis of the results of observations for 2 cycles of action and discussion, it can be concluded that: 1) By using the Course Review Horay Model, the learning outcomes Theme 7 Sub-theme 1 Learning 2 experienced improvement in both quantity and quality, 2) This learning technique is in accordance with the learning method desired by students, 3) This learning model is in accordance with the group learning atmosphere to stimulate student creativity and activity. The results showed that the learning outcomes increased significantly from the initial cycle of 43% (3 students) to complete and the average grade of the next 64 to 71% (5 students) to complete and the average of class 74 in the first cycle and increase to 100% ( 7 students) completed and an average of 89 in cycle II. The results also showed that individual learning activity increased significantly.
 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Course Riview Horay, mengetahui apakah melalui model pembelajaran Course Riview Horay terhadap aktivitas siswa kelas V SD Negeri Sumbermulyo 02, dan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran Course Riview Horay dapat meningkatkan hasil belajar Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 siswa kelas V SD Negeri Sumbermulyo 02 tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian kelas V. Berdasarkan analisis hasil observasi selama 2 siklus tindakan dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Dengan penggunaan Model Course Review Horay, hasil pembelajaran Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 mengalami peningkatan baik secara kuantitas maupun kualitas, 2) Teknik pembelajaran ini sesuai dengan cara pembelajaran yang diinginkan oleh siswa, 3) Model pembelajaran ini sesuai suasana pembelajaran berkelompok untuk merangsang daya kreatifitas dan keaktivan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar meningkatan secara signifikan dari siklus awal 43% (3 siswa) tuntas dan nilai rata-rata kelas 64 selanjutnya menjadi 71% (5 siswa) tuntas dan rata-rata kelas 74 pada siklus I dan meningkat menjadi 100% (7 siswa) tuntas dan rata-rata 89 pada siklus II. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keaktivan belajar individu meningkat secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, Tri Danik. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Course Riview Horay Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Tematik Terintegratif Kelas V SD Negeri 1 Jampiroso Temanggung. Skripsi S1 yang tidak dipublikasikan. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
BNSP. 2006. Standar Isi. Jakarta: Badan Nasional Standar Pendidikan.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Fathurrohman, Mohammad, Sulistiyarini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Laputta, Jusman dkk. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Course Riview Horay Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Sintuwu. Jurnal kreatif Tadulako.Vol. 5 No. 8.ISSN 2354-614X.
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/viewFile/4026/2979.
( Di unduh pada selasa, 17 November 2015).
Mohammad, Nurdin dan Uno Hamzah. 2013. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta.: PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widyanimade dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Saraswati 2 Denpasar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 2 No.1
.http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/2242/1941. (Di unduh pada selasa, 17 November 2015).
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i2.10
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora