Peran Manajemen Pembelajaran Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19

Herlina Pusparani

Abstract


The purpose of this study is to determine the role of effective learning management in the online learning period, the methods or techniques of teachers in implementing online learning management so that it is expected to foster student motivation in the midst of the COVID-19 pandemic, this is because, since the implementation of online learning, student learning motivation has decreased. Many teachers only provide assignments and how to explain the material because they do not really understand learning management, the data collection method in this study is to use the interview method, the selection of the right learning model will determine student interest and participation in learning through the right learning model. It is hoped that students will not only gain knowledge about the material being taught but also has a deep impression of the material so that it can encourage students to implement the concept of the values of learning material in everyday life.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran manajemen pembelajaran yang efektif dimasa pembelajaran daring, cara atau teknik guru dalam menerapkan manajemen  pembelajaran secara daring, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa di tengah pandemi covid-19. Hal ii dikarenakan emenjak diberlakukannya pembelajaran daring motivasi belajar siswa semakin menurun  ditambah banyak guru yang hanya memberikan tugas dan jarang menjelaskan materi karena belum terlalu memahami manajemen pembelajaran. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunaan metode wawancara. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan menentukan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Melalui model pembelajaran yang tepat diharapkan siswa tidak hanya mendapat pengetahuan tentang materi yang diajarkan, namun juga memiliki kesan mendalam tentang materi tersebut, sehingga dapat mendorong siswa untuk mengimplementasikan konsep nilai-nilai materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-sehari.


Keywords


manajemen pembelajaran; motivasi siswa; pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Andi Rasyid. (2017). Manajemen Pendidikan. CELEBES MEDIA PERKASA.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura.

Cucun Sunaengsih, D. (2017). Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. UPI Sumedang Press.

Gintings, A. (2010). ESENSI PRAKTIS BELAJAR & PEMBELAJARAN: Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Humaniora Utama Press.

Hakim, T. (2000). Belajar secara Efektif: Panduan Menemukan Teknik Belajar, Memilih Jurusan, Dan Menetukan Cita-Cita. Puspa Swara.

Irjus indrawan, D. (2020). GURU SEBAGAI AGEN PERUBAHAN. Lakeisha.

Kuswaya, B. S. dan A. (2019). Strategi Pengembangan Model Pembelajaran SIRSAINSDU. Literasiolog.

M. Sorby Sutikno. (2012). Manajemen Pendidikan: Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Unggul (Tinjauan Umum Dan Islam). Holistica.

Nafisah, F. T., & Zafi, A. A. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 08(1), 1–20. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20

Rukajat, A. (2018a). Manajemen Pembelajaran. Deepublish.

Rukajat, A. (2018b). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Suliworo, E. I. dan D. (2018). Dampak Pemanfaatan Whatsapp dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Fisika. Prosinding Seminar Nasional Quantum.

Suprihatiningsih. (2016). Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. CV. Budi Utama.

Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. In Elex Media Komputindo. Elex Media Komputindo.

Umam, S. (2020). Pemilihan Strategi Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 1–10. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/1

Utomo, S. W., & Ubaidillah, M. (2018). PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MATA KULIAH AKUNTANSI INTERNASIONAL DI UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211

Yanti Sri Danarwati SS, S. M. (2013). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i2.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora