Implementasi Kebijakan Budaya Tertib dan Disiplin Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 1 Gebog Kudus
Abstract
The quality of education can be achieved if all components of education can run according to their roles. The education component can be seen in the way the policy is implemented. In this research, also departs from problems related to the implementation of the policy of upholding an orderly culture and discipline at SMAN 1 GEBOG Kudus. The qualitative research approach studied is based on the theory of policy implementation from George Edward III (Communication, Resources, Dispositions/attitudes of implementers, and Bureaucratic Structure) as well as the quality of education in SMA N 1 GEBOG. The results showed that 1) The communication carried out by the implementor was carried out well; Application and Development of Resources in Policy Implementation for selecting executive staff, the information conveyed, authority and facilities are given according to the main duties and responsibilities of each which are integral and coherent in supporting the improvement of education quality; The disposition/attitude of the implementor is carried out based on the personal capabilities of all teachers, while the incentives received are not a problem because it is a moral responsibility as an educator; The bureaucratic structure at SMAN 1 GEBOG Kudus has implemented Standard Operating Procedures (SOP) related to a culture of order and discipline strictly to all elements in SMA N 1 GEBOG in fragmentation and integrated manner. 2) The quality of education at SMA N 1 GEBOG is shown by the increasing understanding of all school elements regarding the implementation of policies to promote an orderly and disciplined culture. The teacher, environment, and policy support factors are the driving force for improving the quality of education.
Kualitas pendidikan dapat dicapai apabila semua komponen pendidikan dapat berjalan sesuai dengan peranannya. Komponen pendidikan dapat dilihat dari cara pengimplementasian kebijakan. Dalam penelitian ini juga berangkat dari permasalahan yang berkaitan dengan implementasi kebijakan penegakan budaya tertib dan disiplin di SMAN 1 GEBOG Kudus. Pendekatan penelitian kualitatif yang dikaji berdasarkan teori Implementasi kebijakan dari George Edward III (Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi/sikap implementor dan Struktur Birokrasi) serta kualitas pendidikan di SMA N 1 GEBOG. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) Komunikasi yang dilakukan oleh implementor terlaksana dengan baik; Penerapan dan Pengembangan Sumberdaya dalam Implementasi Kebijakan dalam sudut pandang pemilihan staf pelaksana, informasi yang disampaikan, wewenang serta fasilitas diberikan sesuai tugas pokok dan tanggungjawab masing-masing yang integral dan koheren dalam menunjang peningkatan kualitas pendidikan; Disposisi/sikap implementor dilaksanakan berdasarkan kapabilitas personal dari seluruh guru, sedangkan insentif yang diterima tidak menjadi persoalan karena menjadi tanggungjawab moral sebagai pendidik; Struktur birokrasi di SMAN 1 GEBOG Kudus telah menerapkan Standar Operating Prosedures (SOP) yang berkaitan dengan budaya tertib dan disiplin secara ketat kepada seluruh elemen di SMA N 1 GEBOG secara fragmentatif dan terintegrasi. 2) Kualitas pendidikan di SMA N 1 GEBOG ditunjukkan dengan semakin pahamnya seluruh elemen sekolah mengenai implementasi kebijakan peningkatan budaya tertib dan disiplin. Faktor guru, lingkungan, maupun dukungan kebijakan menjadi daya dorong peningkatan kualitas pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abuddin, H. Nata. Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner, Normatif Perenialis, Sejarah, Filsafat, Psikologi, Informasi, Kebudayaan, Politik, Hukum. Edisi 1-2, Cet, II; Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Al-Attas, Muhammad Naquib. The Concept of Education in Islam, Kuala Lumpur: ABIM, 1980.
Al-Syaibany. Omar Mohammad al-Toumy. Filsafat Pendidikan Islam, (terj.) Hasan Langgulung, dari Filsafat al-Tarbiyah al-Islamiyah, Cet I; Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Prkatek, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 1998
Athiyah, Muhammad. al-Abrasyi, al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Cet, I; Mesir: Isa al-Baby, 1975.
Adiwikarta, Sudardja. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia II Kurikulum untuk Abad 21, Jakarta: Gramedia, 1994.
Ahmadi. Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Cet. I; Yogyakarta: Aditiyah Media, 1992.
Alewine J. Thomas. Penilaian Kinerja dan Standar Kinerja Seri Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer, 2002
A.S. Homby, Ev. Gatenby, H. Wake Field The advanced Learner’s Dictionary of Current English, Orxford: Second Edition, 1962.
Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prkatis, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Bateman Thomaa, dkk. Seni Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis Kinerja, Jakarta: Elex Media Kamputindo, 1992.
Bellah, Robert N. Beyond Belief, New York: Harper & Row, edisi paper back, 1976.
Bolland, B.J. The Struggle of Islam in Modern Indonesia, The Hague: Martinus Nijhoff, 1971.
Chan,Sam M., Tuti T. Sam, Analisis Swot, Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah, Edisi 1-1, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005
Depdikbud. Kepemimpinan. Jakarta: Dikdasmen.1999
Departemen Pendidikan Nasional, Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Badan Hukum Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan, 2007.
Djamali, al-Fadhil, Menerobos Krisis Pendidikan Dunia Islam, Cet, II; Jakarta: Golde Trayon Press, 1992.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington: Congressional Quarterly Press.
Fattah, N. (2019). Landasan manajemen pendidikan. http://www.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/61231
Hartani, A. (2011). Manajemen Pendidikan. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1614
Havigerova, J. M. (2013). Teacher’s subjective definition of family. 4th International Conference on New Horizons in Education, 106, 2507–2515. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.288
Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 152–172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3
Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2013). Manajemen pendidikan: konsep & prinsip pengelolaan pendidikan. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=8733
Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=995
Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=thVNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA135&dq=manajemen+pendidikan&ots=IE2nSs3I1D&sig=jyfL-fdVwgMhx2ZV-9XmA6ZMv3c
Mustari, M., Taufiq Rahman, M., & Persada, R. (2014). MANAJEMEN PENDIDIKAN. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15943
Nafisah, F. T., & Zafi, A. A. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 08(1), 1–20. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20
Safitri, E. N., & Zafi, A. A. (2020). Konsep Humanisme Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 78–89. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/3842
Zafi, A. A. (2016). Supervisi Akademik Pengawas Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 7 Purworejo. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i1.3
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora