Nilai Purnama Seruling Penataran Sebagai Representasi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi

Rika Safitri Nur Azizah, Anisa Amalia Maisaroh, Nuria Muyasaroh, Mellina Nur Hafida, Laila Inayah

Abstract


Modernization has shifted the existence of local wisdom which has become the national identity due to the influence of the entry of foreign cultures. Various traditions and cultures that are firmly held begin to fade and even disappear with a stronger cultural dominance. This proves the existence of cultural development requires a comprehensive approach, one of which emphasizes the value of preserving culture and character in education. This study aims to find out the philosophical values that are present in the Purnama Seruling Penataran performance through descriptive qualitative methods in order to overcome the significant impact outlined in the learning model. The combination of online and offline is used in collecting, analyzing, and interpreting data for the distribution of information so that young people as the next generation know the ins and outs of preserving the culture of Penataran Temple. The conclusion of this research is that the Purnama Seruling Penataran performance is an effort as well as a form of cultural preservation that saves historical stories and local character values that can be imitated and implemented in everyday life. Purnama Seruling Penataran's philosophical values in this finding are in the form of religious, global diversity, mutual  cooperation, creativity, critical reasoning, and independence.

Tidak ada batasan yang jelas atas terjadinya pergeseran antara budaya lokal dan budaya asing, sehingga Indonesia memerlukan penerapan pembelajaran kearifan lokal sebagai upaya penguatannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai filosofis yang hadir dalam pagelaran Purnama Seruling Penataran guna dituangkan dalam kurikulum pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif dengan pendekatan studi etnopedagogi.  Hasil penelitian  menemukan bahwa nilai filosofis dalam pagelaran Purnama Seruling Penataran relevan dengan 5 karakter utama dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang meliputi religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Adanya penelitian ini dapat dijadikan bahan pembelajaran muatan lokal yang mengangkat potensi daerah. Selain itu, sebagai acuan dalam eksplorasi nilai-nilai karakter kebudayaan lokal lainnya yang nantinya diimplementasikan dalam pendidikan. Berbagai tradisi dan kebudayaan yang dipegang teguh mulai luntur bahkan menghilang dengan dominansi budaya yang lebih kuat. Hal ini membuktikan eksistensi perkembangan budaya diperlukan pendekatan secara komprehensif salah satunya melalui penggalian nilai dalam Purnama Seruling Penataran.


Keywords


Moderenisasi; Filosofi PSP; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Achmad Nasrul Adi Krishna, V. I. N. D. Y. A. N. A. (2014). Makna Simbolik Dadak Merak Pada Kesenian Reyog Ponorogo (Analisis Semiotika Model Roland Barthes tentang Dadak Merak pada Kesenian Reyog Ponorogo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Agustin, Nurul, and Muhammad Firmansah. 2018. “Pertunjukan Yang Layak Ditonton Anak Usia Dini.†EDUCHILD 7(1): 69–74.

Agustina, Sinda, and Bambang Sugito. 2018. “Kreasi Bentuk Jaranan Breng Desa Gledug Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar.†Solah 8(2): 1–13.

Agustini, Desi, Bukman Lian, and Artanti Puspita Sari. 2020. “School’S Strategy for Teacher’S Professionalism Through Digital Literacy in the Industrial Revolution 4.0.†International Journal of Educational Review 2(2): 160–73.

Alpiyah, Ni’mah, and Iis Purnengsih. 2019. “Karakter Gajah Mada: Simbol Kejayaan Majapahit.†Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya 1(02): 147–53.

Atika, Nur Tri, Husni Wakhuyudin, and Khusnul Fajriyah. 2019. “Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air.†Mimbar Ilmu 24(1): 105.

Awaludin, A. F., & Nikmah, K. 2017. Bubuksah Gagangaking Relief is as Religious Tolerance Symbolism of Majapahit. borderless communities & nations with borders, 887.

Budiyono, Sunu Catur. 2018. “Cerita Panji Dalam Perspektif Sejarah.†Jurnal Budaya Nusantara 1(2): 141–46.

Cholid, Nurviyanti. 2019. “Nilai Nilai Moral Dalam Kearifan Lokal Budaya.†Scientia: Jurnal Hasil Penelitian 4(2): 243–53.

Fakhiroh, Nur Zakiyatul, Agus Suprijono, and Jacky M. 2020. “Etnopedagogi Kesenian Reog Cemandi Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.†Jurnal Education and Development 8(3): 231–36.

Ghufronudin, Ghufronudin, Ahmad Zuber, and Argyo Demartoto. 2018. “Representasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Membatik.†Jurnal Analisa Sosiologi 6(2): 17–21.

Herawann, Kadek Dedy, and I Ketut Sudarsana. 2017. “Relevansi Nilai Pendidikan Karakter.†Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar 3(2): 223–36. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/203.

Iswatiningsih, Daroe. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah.†Jurnal Satwika 3(2): 155.

Kemdikbud. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional). Diakses pada 21 Juli 2021.

Kieven, Lydia. 2014. “Simbolisme Cerita Panji Dalam Relief-Relief Di Candi Zaman Majapahit Dan Nilainya Pada Masa Kini.†Cerita Panji Sebagai Warisan Budaya Dunia, Seminar Naskah Panji: 1–17.

KPAI.2020.Update Data Infografis KPAI-Per 31-08-2020. https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/update-data-infografis-kpai-per-31-08-2020

Kristanto, Alfa. 2020. “Urgensi Kearifan Lokal Melalui Musik Gamelan Dalam Konteks Pendidikan Seni Di Era 4.0.†Musikolastika: Jurnal Pertunjukan dan Pendidikan Musik 2(1): 51–58.

Kompas.2021.Orang Dikenal Ramah, Mengapa Tidak Dikenal Sopan Di Dunia Maya?. Indonesia, diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2021/03/03/07000067/orang-indonesia-dikenal-ramah-mengapa-dinilai-tidak-sopan-di-dunia-maya-?page=all

Mukhibat.2015. Jurnal studi Keislaman. Memutus Mata Rantai Radikalisme dan Terorisme Berbasis Studi Etnopedagogi di PTNU dalam Membentuk Keberagaman Inklusif dan Pluralis. 10(1).ISSN. 2356-2218; 222-247

Murwonugroho, Wegig, and Miftakhudin Miftakhudin. 2020. “Kajian Rupabheda: Tokoh-Tokoh Sri Tanjung Pada Relief Candi Penataran.†Panggung 30(2): 289–306.

Nadlir. 2014. “Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal.†Jurnal Pendidikan Agama Islam: 300–330.

Nuha, A. U., & Nisak, F. F. (2020). Kearifan Lokal: Nilai Dalam Mandi Kembang Leson Di Desa Gemblengan Kabupaten Wonosobo. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(1), 1-10.

Oktavianti, I., Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).

Prayoga, R. (2020). Makna simbolik dan nilai kebudayaan dalam pegelaran Purnama Seruling Penataran di Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Skripsi . Universitas Negeri Malang

Rohmaniah, Siti. 2014. “Art Barong Role in Improving Participation in Pelem Village District Blora.†SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant 4(1).

Rooselia, Y., Jurusan, L., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544–1550. https://www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1134

Al Rosidin, Nayif. 2020. “Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kesenian Reyog Ponorogo.†Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 14(02): 195–215.

Saraswati, Ayu Ridho, and Tati Narawati. 2017. “Reog Bulkiyo Dance Learning to Increase Student Patriotism Values.†Jurnal Panggung 27(3): 225–35.

Sari, W. M. (2021). Pengaruh Modernisasi Terhadap Kearifan Lokal. Studi Pustaka, 9(4).

Septiani, G. (2020). Pengaruh Lingkungan Bagi Kecerdasan Siswa Secara Intelektual, Emosional , Sosial, dan Spiritual. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 47–58. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/6

Septiawan, Achmad Pandu, Leo Agung, and Djono Djono. 2018. “Internalisasi Nilai-Nilai Relief Candi Penataran Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Menumbuhkan Kesadaran Budaya.†Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 3(2): 103–8.

Suryani, Nurafni Irma, and Ratu Eva Febriani. 2019. “Kawasan Ekonomi Khusus Dan Pembangunan Ekonomi Regional : Sebuah Studi Literatur.†Convergence : the Journal of Economic Development 1(1): 40–54.

Susanto, Dwi, Deivy Nur Setyowatu, and Ayu Firmaningsih. 2020. “Sejarah Peristiwa Sumpah Palapa Dalam Kitab Pararaton.†SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya 2(1): 44–51.

Suwardani, Ni Putu. (2015). Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Memproteksi Masyarakat Bali dari Dampak Negatif Globalisasi. Jurnal Kajian Bali.5 (2) 256-257.

Totok, Tolak. 2017. “Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penguatan Karakter Dan Jati Diri Bangsa.†Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III 11 (November). http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9932.

———. 2018. “Aktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Peneguh Karakter Kebangsaan.†Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 8(November): 1–20. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/4314.

Wahyuningtias, P. (2014). Fungsi Seni Pertunjukan “Purnama Seruling Penataran (Psp) Sebagai Salah Satu Potensi Wisata Budaya Kabupaten Blitar Dan Esensi Pendidikannya. Skripsi . Universitas Negeri Malang.

Wijaya, H., & Helaluddin, H. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter.Tersedia secara Online di : www.researchgate.net/publication/323364661.

Won So. 2020. Distribution of K-pop views on YouTube Worldwide as of June 2019, by country. Statista. https://www.statista.com/statistics/1106704/south-korea-kpop-youtube-views-by-country. Diakses tanggal 19 Februari.2020.

Yunus, R. (2013). Transformasi Nilai-nilai Budaya Lokal sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67-79.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v2i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora