Peer Monitoring Book (PMB) Sebagai Solusi Perilaku Prokrastinasi Siswa di Masa Pandemi
Abstract
The focus of the research is the application of the Peer Monitoring Book (PMB) method as a solution to overcome the students procrastination behaviour during Covid-19 pandemic. The research was carried out in Daarunnajah Boarding School of MAN 1 Magelang, Central Java. The approach used is a mixed mrthod that combines quantitative and qualitative approaches. Quantitative data collection technique used are questionaires, and for qualitative data use interviews and observations.
The results showed that the application of the Peer Monitoring Book (PMB) method was effective and helped overcome the procrastination behavior of students at Daarunnajaah Girls Dormitory MAN 1 Magelang during the Covid-19 pandemic. Evidenced by the increased discipline of students in collecting school assignments.
Fokus penelitian adalah penerapan metode Peer Monitoring Book (PMB) sebagai solusi mengatasi perilaku prokrastinasi siswa di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilaksanakan di Asrama Putri Daarunnajaah MAN 1 Magelang Jawa Tengah. Pendekatan yang digunakan adalah campuran (mixed method) yang menggabungkan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data secara kuantitatif yang digunakan adalah angket atau kuesioner, sedangkan untuk kualitatif menggunakan wawancara dan observasi.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Peer Monitoring Book (PMB) efektif dan membantu mengatasi perilaku prokrastinasi siswa di Asrama Putri Daarunnajaah MAN 1 Magelang selama pandemi Covid-19. Dibuktikan dengan meningkatnya kedisiplinan siswa dalam mengumpulkan tugas-tugas sekolah.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Candra, U., Wibowo, M. E., & Setyowani, N. (2014). Faktor – Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(3), 66–72.
Poudel, K., & Subedi, P. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on socioeconomic and mental health aspects in Nepal. International Journal of Social Psychiatry, 66(8), 748– 755. https://doi.org/10.1177/0020764020942247
Premadyasari, D. (2012). Prokrastinasi dan task aversiveness tugas makalah pada mahasiswa fakultas psikologi univeristas surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1(1).
Purnomo, B. H. (2011). Pendahuluan Kedudukan Observasi dalam Tahapan PTK Metode Observasi. Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), 8, 251–256. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/859/673
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Salsabiela, A.-, Atieq, B.-, Husna, A. A., Utami, A. N., Qurrotaa’yun, N. N., & Qudsyi, H.-. (2018). TRASI (Training Motivasi) Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa- Siswi MTs (Madrasah Tranawiyah). Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 7(2), 177–
https://doi.org/10.30996/persona.v7i2.1501
Shah, A., Rashid, F., Aziz, A., Ullah, A., & Suleman, M. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public news and information. Brain, Behavior, and Immunity, January.
Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24– 33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Denta, Mirnani. 2019. “Konseling Sebaya Untuk Menurunkan Kecenderungan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Cognicia Cognicia.†Cognicia 7(1): 16–29.
Hasbahuddin, Hasbahuddin, and Rosmawati Rosmawati. 2019. “Implementasi Teknik Pengelolaan Diri Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa.†KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya 1(1): 11–18.
Kurniawan, Yusuf, and Ajat Sudrajat. 2018. “Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah.†SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 15(2): 149–63.
Peserta, Tertib. 2016. “CONSILIUM Teknik Self Monitoring Untuk Meningkatkan Disiplin Tata.†4(December): 0–5.
Setyorini, S. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Dan Metode Curah Pendapat Terhadap Motivasi Belajar Siswa.†Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 10(3): 356–62. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1686.
Uke, Gorez Ora, M Ramli, and Triyono. 2017. “Keefektifan Pemodelan Sebaya (Peer Modeling) Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa SMK.†Jurnal pendidikan 2(2): 173–78. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8512/4120.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v2i2.53
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora