Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Melalui Program Jam Baca Model Teras Pustaka Bagi Warga Sekolah SD 8 Kandangmas
Abstract
The purpose of this study is to describe the implementation of the school literacy movement to increase interest and reading skills through the library terrace model reading hour program for school residents of SD 8 Kandangmas. This type of research is School Action Research (PTS). This research was conducted at SD 8 Kandangmas. Data collection techniques are interviews, observation and documentation. The results of this study in Cycle I obtained an observation of interest for teachers with an average score of 71. While for education staff from 5 education personnel the average value was 68, while interest in students obtained an average value of 75. In cycle II, for teachers the average value was 85. Interest scores for education staff the average is 84. For students the average value is 89. Judging from the average value in interest in literacy in cycle II, there is an increase of 20% from the average in cycle I. Meanwhile, literacy skills, especially the ability to read non-textbooks, are obtained from the average literacy reading ability in the second cycle was found to be an increase of 12% from the first cycle.
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca melalui program jam baca model teras pustaka bagi warga sekolah SD 8 Kandangmas. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini dilaksanakan di SD 8 Kandangmas. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini pada Siklus I didapat nilai pengamatan minat untuk guru nilai rerata 71. Sedangkan pada tenaga kependidikan dari 5 tenaga kependidikan nilai rerata 68, sedangkan minat pada siswa diperoleh nilai rerata 75. Pada siklus II, untuk guru nilai nilai rata-rata 85. Nilai minat untuk tenaga kependidikan rata-rata 84. Untuk siswa nilai rata-rata 89. Dilihat dari nilai rata-rata pada minat berliterasi siklus II ada kenaikan sebesar 20% dari rata-rata siklus I. Sedangkan kemampuan berliterasi khususnya kemampuann membaca non buku teks didapat dari rata-rata pada kemampuan membaca literasi siklus II didapat kenaikan 12% dari siklus I.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsani, E. L. F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317
Arikunto, S. dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukasi Nonformal, 1(2), 70–76.
Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2019). Gerakan literasi di Sekolah Dasar. Musamus Journal of Language and Literature, 2017, 810–817. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/lite/article/view/2418
Imanugroho, S., & Ganggi, R. I. P. (2018). Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Sdn Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 71–80.
Lusiana, N. E., Mardliyah, U., Humaidah, H. N., Roihatun, Safaah, N., & Ahsani, E. L. F. (2021). Analisis Pembelajaran di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur ( SIKL ) dalam Upaya Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Era New Normal. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 30–48. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i1.447
Pusparani, H. (2020). Peran Manajemen Pembelajaran Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Al Hikmah: Journal of Education, 1(2), 153–164. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/15
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156.
Sudiharto. (2020). Al hikmah: journal of education. Implementasi Kebijakan Budaya Tertib Dan Disiplin Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMA Negeri 1 Gebog, 1(1), 35–46. http://yphn.ac.id/ejournal/index.php/Alhikmah/index
Sutrisna, I., Sriwulan, S., & Nugraha, V. (2019). Pengaruh Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Parole (Jurnal Penddikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(4), 527. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2878
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.496
Wiratsiwi, W. (2020). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR Wendri Wiratsiwi Info Artikel Abstrak. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 231–238. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE%0APENERAPAN
Yunianika, I. T., & Suratinah. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v2i2.57
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora