Pengaruh Model CORE Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika dan Keterampilan Kinerja Proses Peserta Didik

Nunuk Sulistyaningrum Suprapto

Abstract


The problem that aries in mathematiecs learning is the lack of students’ mathematical connection skills in elementary school. The reason for this is that the teacher only teaches students with an expository approach and rarely gives mathematical pproblems related to student life. Thus one of the efforts to improve the ability of mathematical connections is to emphasize the learning of mathematical into student’s daily lives. One model that support this is connecting, organizing, reflecting, extending (CORE) because this model has the characteristics of associating students concepts with new concepts so that they can overcome the problems of students who have not linked mathematical concepts with other mathematical concepts or with daily life day.

Masalah yang sering kali muncul  dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya kemampuan peserta didik dalam koneksi matematis peserta didik di tingkat sekolah dasar. Penyebabnya yaitu guru sering kali hanya mengajarkan peserta didik dengan pendekatan ekspositori dan jarang memberikan soal matematika yang berkaitan dengan kehidupan[eserta didik. Oleh  karena itu  salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis adalah dengan menekankan pembelajaran matematika ke dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu model yang mendukung hal ini adalah Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) karena model ini mempunyai karakteristik yang mengaitkan konsep yang sudah dimiliki peserta didik dengan konsep yang baru, sehingga dapat megatasi permasalahan peserta didik yang belum mengaitkan konsep matematika dengan konsep matematika lain maupun dengan kehidupan sehari-hari.


Keywords


pembelajaran; matematika; model

Full Text:

PDF

References


Agustianti, R. dan Risma Amelia. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 1. Nomor 1. Halaman 1-6.

Azizah. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model CORE Bernuansa Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. UJMER. Volume 1. Nomor 2. Halaman 101-105.

Budiman, (2017). Perbedaan Tingkat Pemahaman Matematika Peserta Didik Kelas VII yang Diajar Menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 di SMPN 1 dan SMPN 2 Marbo Kab. Takalar. Jurnal Mapan. Volume 5. Nomor 1. Halaman 125-141.

Beladina, N. (2013). Keefektifan model pembelajaran CORE berbantuan LKPD terhadap kreativitas matematis siswa. UJME. Volume 2. Nomor 3. Halaman 33-39.

Hariyanto. (2016). Penerapan Model CORE dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Gammath. Volume 1. Nomor 2. Halaman 33-40.

Isum, Lala. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Model CORE untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Kucuk, Ahmet. (2013). Ethnomathematics in Anatolia-Turkey: Mathematical Thoughts in Multiculturalism. Revista Latinoamericana de Etnomatematica. Volume 7. Nomor 1. Halaman 171-184.

Laurens K. A. dan M. Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Revika Aditama.

Rohendi, D. dan J. Dulpaja. (2013). Connected Mathematics Project (CMP) Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junior High School Student. Journal of Education and Practice. Volume 4. Nomor 4. Halaman 17-22.

Siregar, N. A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Diposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. JPPM. Volume 11. Nomor 1. Halaman 187-196.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wicaksana, J. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Berbasis Koneksi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. E-Mimbar PGSD Undiksha. Volume 2. Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora