Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menggunakan profil siswa pancasila untuk membangun karakter siswa berdasarkan nilai kearifan lokal. Penelitian ini dilaksanakan di SD 2 Jojo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dan strategi yang digunakan guru dalam mewujudkannya. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas 4 yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan  data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menemukan bahwa guru menggunakan strategi seperti pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran dengan proyek, dan pembiasaan. Dari  hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti Guru sudah menjalankan strategi dengan baik. Ada data nilai mata pelajaran dan rekaman aktivitas siswa yang menunjukkan hal ini. Guru harus kreatif dalam mengatur pembelajaran agar strategi ini berhasil digunakan. Selain peran guru, keluarga dan lingkungan sosial juga memengaruhi karakter siswa.
Kata kunci: Karakter, profil pelajar Pancasila, kearifan lokal
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asbari, Masduki, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, and Evy Yanthy. 2020. “Hard Skills Dan Soft Skills : Apa Membangun Inovasi Guru Sekolah Islam ?†4(1): 143–72. http://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.362 .
Bhagaskoro, Pradipto, Rommel Pasopati, and Syarifuddin. 2019. “Pancasila Dalam Interaksi Kearifan Lokal Dan Ideologi Transnasional.†1(2): 112–32. http://dx.doi.org/10.33474/jisop.v1i2.4806.
Dalmeri. 2014. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter.†: 269–88.
Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.†: 1–6.
Ernawati, Yurike, and Fitri Puji Rahmawati. 2022. “Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis Dalam Modul Belajar Siswa Literasi Dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar.†6(4): 6132–44. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181.
Gunawan, Suprapto. 2019. “Tuntutan Dan Tantangan Pendidik Dalam Teknologi Di Dunia Pendidikan Di Era 21.†: 594–601.
Ismail, Shalahudin et al. 2021. “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah.†2(1): 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1 .
Kahfi, Ashabul. 2021. “Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School†: 138–51.
Kiska, Nurul Delima, Cindy Rizani Putri, Miranti Joydiana, and Dhea Annisa Oktarizka. 2023. “Peran Profil Pelajar Pancasila Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar.†05(02): 4179–88.
Kurniastuti, Rahmaniar, and Universitas Pgri Madiun. 2022. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP.†1: 287–93. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA .
Lubaba, Meilin, and Iqnatia Alfiansyah. 2022. “Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi.†9(3): 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576.
Lumban, Rumiris, Gaol Ester, and Julinda Simarmata. 2019. “Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa†3(4): 342–48. doi: https://doi.org/10.24114/jgk.v3i4.15079.
Nasozaro, Hendrikus. 2019. “Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan†13(4): 24–33. doi: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i62.504.
Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.†6(3): 3613–25. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714 .
Santoso, Ridwan. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman.†26(2): 229–48. http://dx.doi.org/ 10.22146/jkn.56926 .
Shiroishi, Yoshihiro, Kunio Uchiyama, and Norihiro Suzuki. 2019. “Society 5.0: For Human Security and Well-Being.†51(1): 91–95. 10.1109/MC.2018.3011041.
Siregar, Alfi Nura, Aurora Putriku, and Tauada Silalahi. 2021. “Pendampingan Pemanfaatan Laboratorium Mini Office Untuk Meningkatkan Softskill Dan Hardskill Guru Smk Marisi Medan†(September): 367–71.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif, Dan R&D. ed. Alfabeta. Bandung.
Wayan, Ni, Suardiati Putri, and Ni Kadek Suryati. 2020. “Peningkatan Softskill Ict Guru Melalui Pelatihan†4(4): 6–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2081 .
Wiratmaja, I Nyoman et al. 2021. “Penggalian Nilai - Nilai Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bali Dalam Rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan.†1(1): 43–52. https://doi.org/10.22225/politicos.1.1.3009.43-52.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i2.191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora