Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar

Khoirun Nikmah, Wawan Shokib Rondli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menggunakan profil siswa pancasila untuk membangun karakter siswa berdasarkan nilai kearifan lokal. Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SD 2 Jojo.  Jenis  penelitian  yang  digunakan adalah  deskriptif  kualitatif  yaitu  mendeskripsikan  implementasi  profil  pelajar  pancasila  dan strategi  yang  digunakan  guru  dalam  mewujudkannya. Subjek  yang  diteliti  adalah  peserta didik  kelas  4  yang  terdiri dari  22  siswa.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah observasi,  wawancara  dan  dokumentasi.  Peneliti menemukan bahwa guru menggunakan strategi seperti pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran dengan proyek, dan pembiasaan. Dari   hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti Guru sudah menjalankan strategi dengan baik. Ada data nilai mata pelajaran dan rekaman aktivitas siswa yang menunjukkan hal ini. Guru harus kreatif dalam mengatur pembelajaran agar strategi ini berhasil digunakan. Selain peran guru, keluarga dan lingkungan sosial juga memengaruhi karakter siswa.

Kata kunci: Karakter, profil pelajar Pancasila, kearifan lokal


Keywords


character, Pancasila student profile, local wisdom

Full Text:

PDF

References


Asbari, Masduki, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, and Evy Yanthy. 2020. “Hard Skills Dan Soft Skills : Apa Membangun Inovasi Guru Sekolah Islam ?†4(1): 143–72. http://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.362 .

Bhagaskoro, Pradipto, Rommel Pasopati, and Syarifuddin. 2019. “Pancasila Dalam Interaksi Kearifan Lokal Dan Ideologi Transnasional.†1(2): 112–32. http://dx.doi.org/10.33474/jisop.v1i2.4806.

Dalmeri. 2014. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter.†: 269–88.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.†: 1–6.

Ernawati, Yurike, and Fitri Puji Rahmawati. 2022. “Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis Dalam Modul Belajar Siswa Literasi Dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar.†6(4): 6132–44. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181.

Gunawan, Suprapto. 2019. “Tuntutan Dan Tantangan Pendidik Dalam Teknologi Di Dunia Pendidikan Di Era 21.†: 594–601.

Ismail, Shalahudin et al. 2021. “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah.†2(1): 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1 .

Kahfi, Ashabul. 2021. “Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Implementation Of Pancasila Student Profile And Implications For Student Character At School†: 138–51.

Kiska, Nurul Delima, Cindy Rizani Putri, Miranti Joydiana, and Dhea Annisa Oktarizka. 2023. “Peran Profil Pelajar Pancasila Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar.†05(02): 4179–88.

Kurniastuti, Rahmaniar, and Universitas Pgri Madiun. 2022. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP.†1: 287–93. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA .

Lubaba, Meilin, and Iqnatia Alfiansyah. 2022. “Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi.†9(3): 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576.

Lumban, Rumiris, Gaol Ester, and Julinda Simarmata. 2019. “Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa†3(4): 342–48. doi: https://doi.org/10.24114/jgk.v3i4.15079.

Nasozaro, Hendrikus. 2019. “Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan†13(4): 24–33. doi: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i62.504.

Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.†6(3): 3613–25. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714 .

Santoso, Ridwan. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman.†26(2): 229–48. http://dx.doi.org/ 10.22146/jkn.56926 .

Shiroishi, Yoshihiro, Kunio Uchiyama, and Norihiro Suzuki. 2019. “Society 5.0: For Human Security and Well-Being.†51(1): 91–95. 10.1109/MC.2018.3011041.

Siregar, Alfi Nura, Aurora Putriku, and Tauada Silalahi. 2021. “Pendampingan Pemanfaatan Laboratorium Mini Office Untuk Meningkatkan Softskill Dan Hardskill Guru Smk Marisi Medan†(September): 367–71.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatatif, Dan R&D. ed. Alfabeta. Bandung.

Wayan, Ni, Suardiati Putri, and Ni Kadek Suryati. 2020. “Peningkatan Softskill Ict Guru Melalui Pelatihan†4(4): 6–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2081 .

Wiratmaja, I Nyoman et al. 2021. “Penggalian Nilai - Nilai Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bali Dalam Rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan.†1(1): 43–52. https://doi.org/10.22225/politicos.1.1.3009.43-52.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i2.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora