Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penyusunan Silabus dan RPP Melalui Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif di MI Hidayatus Syar’iyah Wolo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Juwari Juwari

Abstract


Penelitian tentang peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan RPP melalui kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif di MI Hidayatus Syar’iyah Wolo  pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 8 guru dengan penjelasan 6 guru kelas, 1 guru PAI dan 1 guru Penjaskes di MI Hidayatus Syar’iyah Wolo  Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Semester 2  Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangaluasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru  dalam pengembangan silabus dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran meningkat yakni dari nilai rata-rata dari 49,59 dengan kriteria nilai kurang pada kondisi awal,  menjadi 69,98 kriteria nilai cukup pada siklus pertama dan  menjadi 89,47 kriteria nilai sangat baik pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif terbukti dapat meningkatkan  kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan RPP di MI Hidayatus Syar’iyah Wolo  pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.


Keywords


Pembinaan, kooperatif, kemampuan, silabus, RPP

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Khusus Madrasah Tsanawiyah (MTs), Jakarta: PT Binatama Raya.

Bafadal, I. (2006). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1995. Pedoman Pembinaan Profesional Sekolah Dasar , Dikdasmen: Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar, BNSP: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Model Silabus di Sekolah Dasar, BNSP: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD, BNSP: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Petunjuk TeknisPenelitian Tindakan Sekolah, Dirjen PMTK: Jakarta.

Depdiknas,2006.â€Permendiknas Nomor 22 / 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengahâ€. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2005), Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Gentry, C. G. 1994. Introduction to instructional development: Process and technique . Belmont, CA: Wadsworth Publishing Company

Lundgren, Linda. 1994. Cooperative Learning in The Science Classroom. New York: Gleoncoe Maemillan Mc Graw Hill.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Depdiknas (2004:7)

Mulyasa, E., 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muslich, Mansur ((2007) ,Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual, Bumi Aksara: Jakarta.

Reigeluth, C. M., editor (1983). Instructional Desing theories and models: An overview of their current status. Lawrence Erlbaum Associates, Hillsdale.

Robbins, Stephen P., (2001), Organizational Behavior, New Jersey: Pearson Education International.

Robotham, David, (1996), Competences : Measuring The Immeasurable, Management Development Review, Vol. 9, No. 5, hal. 25-29.

Salma, Dewi, 2008. Prinsip Disain Pembelajaran (Instructional Design rinciples). Universitas Negeri Jakarta: Jakarta.

Sofo. Francesco, (1999). Human Resource Development, Perspective, Roles and Practice Choice.Business and Professional Publishing, Warriewood, NWS

Spencer, Lyle M., Jr. & Signe M., Spencer. (1993). Competence at Work: Models for Superior

Sumantri, Mulyani. (1988) Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta : Departemen Pendididkan dan Kebudayaan.

Suparman, M. Atwi. 1997. Disain Instruksional. Jakarta: PAU PPAI Universitas Terbuka.

Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Thompson, Ronald L, Haggings, Christoper A., dan Howell, Jane M. (1991), “Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilizationâ€, Mis Quarterly, pp.125-143.

Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yuwono, Ipung. 2001. RME (Realistic Mathematic Education) dan Hasil Studi Awal Implementasinya di SLTP. Makalah disampaikan pada seminar Nasional RME




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i1.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora