Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji Pada Diri Sendiri Kelas VIII A di MTsN 2 Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Bagaimana hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik pada materi Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri di kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan, (2) Bagaimana pelaksanaan metode Role Playing di kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan (3) Apakah penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik pada materi Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri di kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan refleksi. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 32 siswa kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan. Melalui metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-A MTsN 2 Grobogan tahun pelajaran 2017 –,2018. Hal tersebut diperoleh dengan nilai rata-rata hasil observasi terhadap aktivitas peserta didik pada tes awal 57.17 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 33.33%, nilai rata-rata pada siklus I 62.00 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 46.66% dan pada siklus II nilai rata-rata 75.50 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 80%
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atiqoh, Layly. 2017. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Sebagai Penguatan Pendidikan Humanistik DiSekolahAdiwiyata.†Layly Atiqoh dan Budiyono Saputro 12(2): 285–308. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/2492/pdf.
Ghazali, Darussalam. 2009. “Teori Dan Model Pengajaran Pendidikan Islam.†Masalah Pendidikan 32: 113-.
Nata, Abuddin. 2000. Seri kajian filsafat pendidikan Islam Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. 2nd ed. Jakarta: Gramedia.
Yatazaka, Yu’timaalahu. 2014. “Gender dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Islam 3(2): 289. http://jurnaljpi.com/index.php/JPI/article/view/51.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i2.220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora