PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VI MIN 2 GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

Suharsono Suharsono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VIII di Madrasah Tsanawiah Negeri Wirosari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan metode  mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islamkelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan metode Mind Mapping. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa hasil observasi aktifitas belajar siswa yang dilakukan pada silus I mencapai 51,25% dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 92%. dan sejalan dengan hasil belajar siswa pada siklus I 48,53% dan siklus II lebih meningkat menjadi 82,3% dengan kategori baik. Peningkatan yang terjadi menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan.


Keywords


Penerapan Metode Mind Mapping, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Atiqoh, Layly. 2017. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Sebagai Penguatan Pendidikan Humanistik DiSekolahAdiwiyata.†Layly Atiqoh dan Budiyono Saputro 12(2): 285–308. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/2492/pdf.

Ghazali, Darussalam. 2009. “Teori Dan Model Pengajaran Pendidikan Islam.†Masalah Pendidikan 32: 113-.

Nata, Abuddin. 2000. Seri kajian filsafat pendidikan Islam Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. 2nd ed. Jakarta: Gramedia.

Yatazaka, Yu’timaalahu. 2014. “Gender dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Islam 3(2): 289. http://jurnaljpi.com/index.php/JPI/article/view/51.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i2.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora