Penerapan Metode Diskusi Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tentang Sistem Pemerintahan Pusat di Kelas IV MI Muhammadiyah Karangrayun, Grobogan Melalui Pendekatan CTL

Ngatmin Ngatmin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu  untuk mengetahui peningkatan  hasil belajar  siswa setelah menerapkan penggunaan pendekatan CTL  dalam pembelajaran PKn materi sisitem pemerintahan pusat. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Karangrayung -  Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data  menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif.Peningkatan aktivitas belajar melalui penerapan metode diskusi dengan pendekatan kontekstual (CTL) dalam pembelajaran PKn Kelas IV pada kompetensi dasar mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR. Presiden, MA, BPK dll. semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 MI Muhammadiyah Karangrayung - Grobogan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I yang tuntas belajar sebanyak 25 siswa (67,57%), dan pada siklus II sebanyak 29 siswa (78,38%). Disamping ketuntasan belajar juga diperkuat dengan nilai rata-rata hasil tes yang meningkat darai siklus I 80,00 pada siklus II meningkat menjadi 82,97. Walaupun belum tuntas 100% namun bisa dikatakan pelaksanaan tindakan ini berhasil


Keywords


Metode diskusi, meningkatkan aktivitas belajar siswa, pendekatan CTL.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah : Buku 5 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta : Depdiknas.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya

Kasihani dan Astini, Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Makalah pada Pelatihan TOT Guru Mata Pelajaran SLTP dan MA dari Enam Propinsi. Di Surabaya tanggal 20 Juni s/d 6 Juli 2001.

Nurhadi, 2002. Pendekatam Kontekstual. Jakarta : Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Nur, Muhammad, 2001. Pengajaran dan pernbelajaran Kontekstual. Makalah pada Pelalihan TOT Guru Mata Pelajaran SLTP dan MTs Enam Propinsi. Di Surabaya tanggal 20 Juni s/d 6 Juli 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i1.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora