Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Problem Solving Terhadap Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VI MIN 3 Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
PTK ini membahas tentang penggunaan metode Problem solving dalam pembelajaran Fiqih kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Grobogan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah penerapan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan metode Problem Solving. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa hasil observasi aktifitas belajar siswa yang dilakukan pada silus I mencapai 60,25% dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 990%. dan sejalan dengan hasil belajar siswa pada siklus I 58,53% dan siklus II lebih meningkat menjadi 92,3% dengan kategori baik. Peningkatan yang terjadi menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anselm,Strauss & Juliet corbin. Dasar-dasar Penelitia Kuantitatif ( Prosedur Teknik dan Teori Graunded ). Penyadur Djunaidi Ghony. PT Bina Ilmu, Malang:1997
Dimyati. Dr, “Belajar dan Pembelajaranâ€, PT Rineka Cipta, Jakarta: 1994.
Zuhairini. Dra. H, “Metodihk Khusus Pendidikan Agama†,Biro Ilimiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel,Malang : 1983.
Muhibin Syah, “ Psikologi Pendidikanâ€PT Remaja Rosdakarya , Bandung: 2003
Raymond J. Wlodkowski, “Motivasi belajarâ€, Cerdas Pustaka.Jakarta: April 2004.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i1.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora