Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tentang Energi Di Kelas IV MI Al-Ittihadiyah Mlayut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Al Ittihadiyah Mlayut - Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD telah dapat meningkatkan tingkat ketuntasan belajar siswa kelas IV MI Al - Ittihadiyah Mlayut,Godong - Grobogan tahun pelajaran 2018/2019, yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai hasil tes Sebelum diadakan perbaikan dari 32 siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 sebanyak 29 siswa atau tingkat ketuntasan 19,44 %. Setelah diadakan perbaikan siklus I siswa yang memperoleh nilai 75 atau lebih sebanyak 18 siswa atau mencapai ketuntasan 48,65 %. Ketuntasan yang belum seberapa meningkat ini terkait dengan kerjasama dan aktifitas siswa dalam tim (kelompok) yang belum berlangsung dengan baik dan presentasi siswa dari hasil kerja tim tentang energi belum bisa diterima dengan baik, karena belum menggunakan aturan tata bahasa yang baik dan benar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Hebrank, Mary. 2000. Why, Inquiri ? Based Teaching and Learning in the Midle School Science Classroom ?. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.
Hudoyo, Herman. 1988. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta. Depdikbud.
Ichwani, EW. 2005. Penerapan Pendekatan Inkuiri Terpimpin Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Reproduksi Pada Siswa Kelas II-2 SMA Negeri Tumpang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.
Indriani, Kurnia. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think – Pair – Share (TPS). Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Tumpang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.
Irawan, Edy B. 2005. Buku Petunjuk Teknis Praktis Pengalaman Lapangan Bidang Studi Matematika. Malang : UPT PPL. Universitas Negeri Malang.
Moleong, L.J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Remaja. Rosda Karya.
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontektual (Contextual Teaching and Learning (CTL)) dan penerapan dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.
Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Pusat Sains dan Matematika Sekolah.Universitas Negeri Surabaya.
Rahmawati, Neny. 2004. Mampukah Kita Menjadi Guru SD Yang Efektif ? Buletin PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) 2.3
Roestiyah, NK. 1988. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Bina Aksara.
Rustman, N.Y., Dirdjosumarto, S, Yudianto, S.A. Achmad, Y., Subekti, R. Rochintaniawati, D, Nurjhani K, M. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Soejadi. 2004. Jangan Meremehkan Kemampuan Anak. Buletin PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia).
Suherman, E, Turmudi, Suryadi, D, Herman, T, Suhendra, Prabawantoro, S. Nuranah, Rohayanti, A. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Edisi Revisi). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Susanto, Pudyo. 1999. Strategi Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Malang. Depdikbud.
Sutawijaya, Akbar. 1999. Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikdasmen.
Wartono. 2003. Strategi Belajar Mengajar Fisika. Malang. Universitas Negeri Malang.
Wahyuni, Dwi. 2001. Study Tentang Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SLTPN 2. Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v1i1.225
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora