Implementasi Teori Behaviorisme pada Pembelajaran Matematika dalam Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baroya, E. P. I. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21 - Lpmp Jogja. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. DIYogyakarta, I(01), 101–115.
Dahar, R. W. (1991). Teori-Teori Belajar. Erlangga.
Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2).
Depdiknas. (2002). Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Broad-Based Education. Departemen Pendidikan Nasional.
Hasdiana, U. (2018). Pendekatan Behavioristik dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Jurnal Pencerahan, 12(2), 150–171.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–29. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Ismail, R. N., Mudjiran, & Neviyarni. (2019). Membangun karakter melalui implementasi teori belajar behavioristik pembelajaran matematika berbasis kecakapan abad 21. Menara Ilmu, XIII(11), 76–88. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1649
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280–289. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519
Koswara, E. (1991). Teori-teori Kepribadian : psikoanalisis, behaviorisme, humanistik. PT. Eresco.
Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 21–27. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Moreno, R. (2010). Educational Psychology. University of New Mexico.
Muktar, M. (2019). Pendidikan Behavioristik dan Aktualisasinya. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 14–30. https://doi.org/10.52166/tabyin.v1i1.4
Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, & Irmayanti. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tadris Matematika (JTMT), 3(2), 45–54. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i2.1253
Nasution, M. (2015). Teori pembelajaran matematika menurut aliran psikologi behavioristik (tingkah laku). Logaritma, 3(1), 113. http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/143/1/8. Mariam Nasution-min.pdf
National Education Association. (2010). Preparing 21st century students for a global society: An educators guide to the “Four Cs.†[Online] Diambil dari : http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf.
Sudarwan, R. E., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat assessment pembelajaran matematika pokok bahasan geometri dan pengukuran SMP/MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 251–261. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7344
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v2i1.291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora