Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Eksplorasi Budaya dan Kearifan Lokal di Kutai Timur (Studi di SMA Negeri 2 Sangatta Utara)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.
Anggito, Albi. Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak.
Anton, and Ridwan Trisoni. 2022. “Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(3): 528–35.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Darmadi, Hamid. 2016. “Dayak Asal-Usul Dan Penyebarannya Di Bumi Borneo (1).” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 3(2): 322–40.
Diputera, Artha Mahindra, Suri Handayani Damanik, and Vera Wahyuni. 2022. “Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Prototipe Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Bunga Rampai Usia Emas 8(1): 1.
ESTI, KARENI INDRIATI. 2011. “UPAYA PEMERINTAH DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DALAM PERLINDUNGAN SENI TARI DAYAK DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA.”
Fajarini, Ulfah. 2014. “Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter.” Sosio didaktika 1(2): 123–30.
Jojor, Anita et al. “Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono.(2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13 (02), 91–108.” Ilmu Pendidikan 51: 54.
Jojor, Anita, and Hotmaulina Sihotang. 2022. “Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan).” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4): 5150–61.
Lestari, Nyoman Ayu Putri, and Sofia Noer Habibah. 2023. “Karakter Peserta Didik Pada Era Society 5.0 Di Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” WIDYACARYA : Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya 7(1).
Maulida, Utami. 2023. “Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sustainable Lifestyle Through Project of Strengthening Pancasila Student Profiles.” DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar 6(1): 14–21.
Mufti, Neza Anissa, Iin Purnamasari, and Rofian Rofian. 2023. “Analisis Muatan Dimensi Kreatif Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Muhammadiyah 02 Kendalsari.” Pena Edukasia 1(3): 269–75.
Muslim, Asrul. 2013. “Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis.” Jurnal diskursus islam 1(3): 483–94.
Priyatna, Muhammad. 2017. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 5(10).
Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal basicedu 6(3): 3613–25.
Rahayuningsih, Fajar. 2021. “Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 1(3).
Rianas, Hernisa. 2021. “Integrasi Masyarakat Muslim Dengan Non Muslim Pada Festival Budaya Erau Di Kelurahan Guntung Kecamatan Bontang Utara Kalimantan Timur.”
Santosa, Edi. 2015. “Revitalisasi Dan Eksplorasi Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Konteks Pembangunan Karakter Bangsa.” In Forum, Faculty of Social and Political Sciences Diponegoro University, 12–26.
Sudibya, I Gusti Ngurah, Ni Made Arshiniwati, and Ni Luh Sustiawati. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Pneida Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Seni Drama Tari dan Musik 5(2): 25–38.
Sudjatmika, Fransiska Vania. 2017. “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. Com.” Agora 5(1).
Sukarwo, Wirawan. 2017. “Krisis Identitas Budaya: Studi Poskolonial Pada Produk Desain Kontemporer.” Jurnal Desain 4(03): 311–24.
Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.
Anggito, Albi. Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak.
Anton, and Ridwan Trisoni. 2022. “Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(3): 528–35.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Darmadi, Hamid. 2016. “Dayak Asal-Usul Dan Penyebarannya Di Bumi Borneo (1).” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 3(2): 322–40.
Diputera, Artha Mahindra, Suri Handayani Damanik, and Vera Wahyuni. 2022. “Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Prototipe Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Bunga Rampai Usia Emas 8(1): 1.
ESTI, KARENI INDRIATI. 2011. “Upaya Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur Dalam Perlindungan Seni Tari Dayak Dikaitkan Dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta.”
Fajarini, Ulfah. 2014. “Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter.” Sosio didaktika 1(2): 123–30.
Jojor, Anita et al. “Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono.(2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13 (02), 91–108.” Ilmu Pendidikan 51: 54.
Jojor, Anita, and Hotmaulina Sihotang. 2022. “Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan).” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4): 5150–61.
Lestari, Nyoman Ayu Putri, and Sofia Noer Habibah. 2023. “Karakter Peserta Didik Pada Era Society 5.0 Di Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” WIDYACARYA : Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya 7(1).
Maulida, Utami. 2023. “Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sustainable Lifestyle Through Project of Strengthening Pancasila Student Profiles.” DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar 6(1): 14–21.
Mufti, Neza Anissa, Iin Purnamasari, and Rofian Rofian. 2023. “Analisis Muatan Dimensi Kreatif Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Muhammadiyah 02 Kendalsari.” Pena Edukasia 1(3): 269–75.
Muslim, Asrul. 2013. “Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis.” Jurnal diskursus islam 1(3): 483–94.
Priyatna, Muhammad. 2017. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 5(10).
Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal basicedu 6(3): 3613–25.
Rahayuningsih, Fajar. 2021. “Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 1(3).
Rianas, Hernisa. 2021. “Integrasi Masyarakat Muslim Dengan Non Muslim Pada Festival Budaya Erau Di Kelurahan Guntung Kecamatan Bontang Utara Kalimantan Timur.”
Santosa, Edi. 2015. “Revitalisasi Dan Eksplorasi Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Konteks Pembangunan Karakter Bangsa.” In Forum, Faculty of Social and Political Sciences Diponegoro University, 12–26.
Sudibya, I Gusti Ngurah, Ni Made Arshiniwati, and Ni Luh Sustiawati. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Pneida Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Seni Drama Tari dan Musik 5(2): 25–38.
Sudjatmika, Fransiska Vania. 2017. “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. Com.” Agora 5(1).
Sukarwo, Wirawan. 2017. “Krisis Identitas Budaya: Studi Poskolonial Pada Produk Desain Kontemporer.” Jurnal Desain 4(03): 311–24.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v2i2.353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora