Peran Pendidikan Multikultural Dalam Bermedia Sosial Pada Peserta Didik MTs Mu'allimat NU Kudus
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1).
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Sage Publications.
Danurahman, J., Prasetyo, D., & Hermawan, H. (2021). Kajian Pendidikan Multikultural di Era Digital. Jurnal Kalacakra, 2(1).
Dwintari, J. W. (2018). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia. 2(1).
Farha, A., Khusnah, N., & Nugroho, P. (2020). Problematika Pembelajaran Berbasis Onlinepada Lembaga Pendidikan Nonformal Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Manbaul Huda). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2).
Fitri, F., & Wahyuningsih, R. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Mengantisipasi Problematika Sosial di Era Digital. AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam dan Budaya, 3(2).
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research., 5(4).
Khasnah. (2024, November 16). Guru Penganpu Mata Pelajaran IPS di MTs Mu’allimat NU Kudus [Komunikasi pribadi].
Kholik, N. (2017). Peranan Sekolah Sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan Multikultural. 1(2).
Latipah, H. (2023). Perilaku Intoleransi Beragama dan Budaya Media Sosial: Tinjauan Bimbingan Literasi Media Digital di Masyarakat. 6(2).
Lonthor, A. (2020). Peran Pendidikan Multikultural Dalam Menciptakan Kesadaran Hukum Masyarakat Plural. Tahkim, XVI(2).
Maghfiroh, H., Halim, A., & Beddu, M. J. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam melalui Penguatan Nilai-Nilai Multikultural di SMP Negeri 20 Batam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1162–1175. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.713
Mufarricha, S. H. (2024, November 16). Peserta Didik MTs Mu’allimat NU Kudus [Komunikasi pribadi].
Muhammad, A. A. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Inklusif SD Tumbuh 3 Yogyakarta. ChangeThink Journal, 2(2).
Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1).
Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 6(2), 42–51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051
Nurhidayat, M. A., Kharisma, A. I., & Humairah, H. (2024). Analisis Sikap Toleransi Siswa SDN 1 Balun dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Ditinjau dari Dimensi Berkebhinekaan Global). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 239–250. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.488
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Puspita, Y. (2018). Pentingnya Pendidikan Multikultural. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang.
Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, Muh. I., Mukramin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646–10653. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1890
Rakhmawati, D., Ismah, I., & Lestari, F. W. (2020). Sosialisasi Bahaya Kecanduan Gadget. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 159. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12926
Sajdah, M., Dwistia, H., Elfina, N., & Awaliah, O. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL. Jurnal The Messenger, 3(2).
Sholihan, S., & Muawanah, A. (2024). Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 305–316. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.475
Sipuan, Warash, I., Amin, A., & Adisel. (2022). Pendekatan Pendidikan Multikultural. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2).
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif (10 ed.). Alfabeta.
Triastuti, E., Indra Prabowo, D. A., & Nurul, A. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak dan Remaja (1 ed.). PUSKAKOM.
Vanesia, A., Kusrini, E., Putri, E., Nurahman, I., & Simaremare, T. P. (2023). Pentingnya Nilai-Nilai Pendidikan Ultikultural Dalam Masyarakat. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(1).
Widiatmaka, P., Hidayat, M. Y., Yapandi, & Rahnang. (2022). Pendidikan Multikultural dan Pembangunan Karakter Toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2).
Zafi, A. A. (2020). Desain Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran al-Quran Hadis. 2(1).
Zafi, A. A., Jamaluddin, D., Partono, P., Fuadi, S. I., & Chamadi, M. R. (2021). The Existence of Pesantren Based Technology: Digitalization of Learning in Pondok Pesantren Darul Ulum Kudus. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 493–510. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.182-15
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v3i2.483
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora
