Pendidikan Karakter Dalam Konteks Multikultural: Studi Fenomenologi Tentang Pengalaman Guru dan Siswa Dalam Meningkatkan Nilai Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/socia.v16i1.27655
Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, VII(1), 61–67. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art6
Arif, K. I., Ansar, A., & Ardiansyah, M. (2022). Implementasi Budaya Madrasah Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 255–264. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i4.35895
Atoillah, M. T., & Ferianto, F. (2023). Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 113–120. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3485
Daimah, D. (2018). PERAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA: STUDI KOMPARATIF INDONESIA DAN MALAYSIA. El-Tarbawi, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss2.art3
Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2021). Penelitian kualitatif: Studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. Pena Persada. http://books.uinsby.ac.id/id/eprint/167
Hadiat, H., & Syamsurijal, S. (2021). Mengarusutamakan Moderasi Beragama di Kalangan Remaja: Kajian Konseptual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), Article 5. https://doi.org/10.5281/zenodo.5508208
Hanan, A., & Rahmat, A. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPAI/article/view/2691
Handayani, K. (2024, November 29). Wawancara [Komunikasi pribadi].
Harmi, H. (2022). Analisis kesiapan program moderasi beragama di lingkungan sekolah/madrasah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 89. https://doi.org/10.29210/021748jpgi0005
Hermawan, A. (2020). NILAI MODERASI ISLAM DAN INTERNALISASINYA DI SEKOLAH | INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1). https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3365
Hilmin, H. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/muaddib.v7i1.24478
I Gd. Dedy Diana Putra & I Made Sukma Muniksu. (2024). INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PASRAMAN DHARMAJATI DI DESA TUKADMUNGGA KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 11(1), 38–44. https://doi.org/10.25078/gw.v11i1.3168
Kurjum, M., & Siswanto, A. H. (2019). Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.69896/modeling.v6i2.1904
Mukmin, A. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(3), Article 3. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/946
Munawar, M., Kosasih, A., & Fakhruddin, A. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Moderat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), Article 3. https://doi.org/10.58230/27454312.848
Murzal, M. (2018). NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH (Studi Terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung Kec. Gerung Kab. Lombok Barat). Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 6(2), Article 2. http://www.lsamaaceh.com/journal/index.php/kalam/article/view/47
Nidawati, N. (2020). PENERAPAN PERAN DAN FUNGSI GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/pjp.v9i2.9087
Nuhaliza, S., Asari, H., & Dahlan, Z. (2024). Implementasi integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam intrakurikuler keagamaan di madrasah tsanawiyah. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), Article 1. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/4137
PERPRES No. 87 Tahun 2017. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 18 November 2024, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/73167/perpres-no-87-tahun-2017
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.569
Rahmatika, Z. (2022). Guru PAI dan Moderasi Beragama di Sekolah. TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM, 2. https://www.semanticscholar.org/paper/Guru-PAI-dan-Moderasi-Beragama-di-Sekolah-Rahmatika/c12f4b6a4d60ab05f0d4d6ee39cd9ba3b02ae790
Ramadhani, A., & Setyoningrum, M. U. (2023). PENGUATAN NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 7 SAMARINDA. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 15(1), 76–89. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1802
Ramadika, M., Hajar, S., & Nasution, M. I. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA/I DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-ULUM TERPADU. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.47006/attazakki.v5i1.13492
Saefuddin, A., Sumarna, C., & Rozak, A. (2023). Nilai-Nilai Moderasi Beragama dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam di Abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), Article 6. https://doi.org/10.5281/zenodo.7769740
Shofyan, A. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.24
Siswa SMP 2 Kudus. (2024, November 30). Wawancara [Komunikasi pribadi].
Sumanti, N. (2021). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Pendidikan Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(2), Article 2. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/50
UU No. 20 Tahun 2003. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 1 Desember 2024, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Wahid, A. (2024). Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam: Implementasi dalam Pendidikan Multikultural di Indonesia. SCHOLARS: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2367
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v3i2.487
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora
