Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Program P5PPRA di MTs PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.
Amin, M. (2018). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 9(1).
Anggelia, S. F., Ds, Y. N., & Sadiah, T. L. (2024). ANALISIS KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2).
Anugra, A., & . Y. (2020). Pengaruh Pelatihan Pendidikan Anti Bullying Terhadap Perubahan Kognitif Pelajar Mengenai Pelaku Bullying Di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkaganga.4.1.1-10
Dian Fitra. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. JURNAL INOVASI EDUKASI, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953
Elaine, M. (2024). KPAI ungkap sekitar 3.800 kasus perundungansepanjang 2023, hampir separuh terjadi di lembaga pendidikan. Suarasurabaya.net. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2024/kpai-ungkap-sekitar-3-800-kasus-perundungan-sepanjang-2023-hampir-separuh-terjadi-di-lembaga-pendidikan/
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., & Mouw, E. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Hartatik, B. (2023). MENGATASI PERUNDUNGAN MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI MTS N 4 SLEMAN: MENUJU KEPEMIMPINAN MASA DEPAN. Prosiding PIBSI XLV UPGIS 2023.
Irsyada, M. N., & Zafi, A. A. (2020). Peran Pendidikan Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Anak MI/SD. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 142. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2950
Khusaini, G. R., & Kurniati, W. D. (2024). Sosialisasi Stop Bullying: Strategi Pencegahan Perundungan Di SD N Kaliwereng. HUMANITER: Hukum dan Masyarakat Berbasis Islam Terapan, 2(2).
Mahdzuroh, S. (2023). IMPLEMENTASI P5PPRA PADA KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH NAHJATUS SHOLIHIN. publikasi ilmiah, 1(1).
Mahfuds, Y., & Husna, A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 227–238. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i2.4862
Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1638–1645. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5515
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.
Ni’am, F. (2024, November 21). Wawancara tentang Pelaksanaan Seminar Anti-Bullying [Komunikasi pribadi].
Ningsih, S. W., Fatoni, P., Ferdinand, I., M, F., & Jaja, J. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kurikulum Merdeka. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(8), 4085–4091. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.803
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Padli, F., Ummah, S. R., Mannan, A., & Rusdi. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Mencengah Bullying. Jurnal Sinestesia, 13(1).
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Qalam, M. N., Hasan, M., & Rohman, R. F. (2024). Implementasi Profil Pelajar Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Kesadaran Multikultural di Madrasah Tsanawiyah Singkawang. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1).
Sakinah, U., & Arif, M. (2022). Pesantren Strategy In Preventing Acts Of Bullying. JOSSE: Journal Of Social Science And Economics, 1(1).
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.
Suroyo, Sirait, J. V., Putra, R. A., Sarmidi, & Sidik, S. (2024). Pendidikan Multikultural. PT Penamuda Media.
Yuyarti. (2018). MENGATASI BULLYING MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Kreatif, 9(1).
Zafi, A. A. & Partono. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER KEISLAMAN. Jurnal Inteligensia: STAIN Gajah Putih Aceh, 8(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/sxfbd
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v3i2.488
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora
