Optimalisasi Kegiatan Tahsin Al Qur’an di Kawasan Desa Tengah Hutan Blora

Partono Partono, Ferra Viana

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk melatih dan memberikan pemahaman warga Tinatah yang masih  terdapat banyak sekali anak-anak belum bisa membaca al-Qur’an dengan benar sesuai aturan. Kalau sejak dini masih belum bisa membaca al-Qur’an menggunakan tahsin dan tajwid, maka akan sulit ketika mereka sudah besar memahami hukum-hukum bacaan yang terdapat dalam al-Qur’an. Untuk itu, Tim mengadakan kegiatan tahsin ini agar warga Tinatah khususnya anak-anak yang sedang mengikuti kegiatan mengaji di Masjid Al-Ikhlas dapat membaca al-Qur’an dengan tartil, memahami ilmu tajwid dan memahami pesan-pesan yang terkandung dalam al-Qur’an. Adapun metode yang kami gunakan dalam mengajar kegiatan tahsin ini adalah metode Talaqqi, yaitu metode yang dilaksanakan dengan cara bertemu langsung dengan pengajar dan mendengarkan langsung secara tatap muka, dimana guru pengajar membacakan ayat-ayat al-Qur’an dengan benar, dan anak-anak meniru ucapan pengajar. Hal tersebut merupakan sebuah pembelajaran yang bermanfaat bagi anak-anak Dukuh Tinatah, semakin konsisten mereka membaca al-Qur’an disertai dengan ilmu tahsin dan ilmu tajwid, maka akan meningkatkan pemahaman serta penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam al-Qur’an.

Keywords


Optimalisasi; Al-Qur’an; Tahsin

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an. (n.d.). Al- Muzammil (73):4.

Assya’bani, R., Sari, A., Hafizah, E., Hasanah, F., & Marniyah, M. (2021). Pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an dengan metode Qira’ati di rumah belajar mahasiswa kkn Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), hal. 7.

Asyya’bani, R., Sari, A., Elfa, H., & Marniyah. (2021). PEMBELAJARAN TAJWID DAN TAHSIN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRA’ATI DIRUMAH BELAJAR MAHASISWA KKN DESA HAMBUKU HULU. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No 1, hal. 9.

Fajar, M., Loviana, S., & HIdayat, R. (2023). View of Pengenalan Hukum Tajwid Dan Pembelajaran Tahsin Al Qur’an Dengan Metode Al Bayan Dan Qira’ati Di TPA Darul Falah Dusun Kunaiyan KKN Desa Hurun. https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/jai/article/view/328/322

Hidayatullah, R. (2023). MANAJEMEN PROGRAM BIMBINGAN MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK SMK NUFA CITRA MANDIRI DEPOK JAWA BARAT. Institu PTIQ Jakarta.

MODEL PEMBELAJARAN TAHSIN DAN TAHFIDZ AL- QUR’AN. (n.d.). UIN Banten, hal 38-39.

Muslimah, S., Surana, D., & Asikin, I. (n.d.). Analisis Pembelajaran Tahsin Tilawah Al-Qur’an dengan Metode Maqdis untuk Meningkatkan Bacaan yang Baik dan Benar Sesuai Tajwid di Ma’had Al-Qur’an dan Dirasah Islamiyah. Prosiding Pendidikan Agama Islam, Vol. 4 No. 1, hal. 34.

Nurbayanti Azkiya Ramadan, A., & mulyana, E. (2021, November). View of Penerapan Ilmu Tahsin dan Tajwid dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/403/355

Rozak, L. A., & solihin. (n.d.). View of Pembinaan Tahsin Al-Quran: Pengenalan Bentuk dan Pelafalan Huruf Hijaiyah di Marasah As-Siroj Desa Jagabaya. Retrieved October 6, 2023,fromhttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1047/946


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0