Pengenalan Huruf Hijaiyyah dan Pancasila Melalui Permainan Puzzle Di TK Pertiwi Dukuhwaringin

Vian Anton Kusuma, Muhammad Nur Ibrahiem, Ulfi Choirul Zaroh, Fika Abidah Ardelia, Amaniatul Izza, Ashif Az-Zafi

Abstract


Pendidikan anak usia dini merupakan fase penting dalam pembentukan karakter, terutama dalam pengenalan dasar agama dan kebangsaan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan huruf hijaiyyah dan nilai-nilai Pancasila melalui media permainan puzzle di TK Pertiwi Dukuhwaringin. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan 4 anak kelompok A berusia 4–5 tahun, yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan puzzle sebagai media edukatif mampu meningkatkan minat dan antusiasme anak dalam belajar, memperkuat daya ingat, serta membantu pemahaman terhadap huruf hijaiyyah dan sila-sila Pancasila. Selain itu, keterlibatan guru sebagai fasilitator sangat berperan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Kesimpulannya, permainan puzzle dapat menjadi strategi pembelajaran efektif untuk menanamkan nilai religius dan nasionalisme sejak usia dini.


Keywords


Huruf Hijaiyyah; Pancasila; Puzzle Edukatif

Full Text:

PDF

References


Abbas, Nimuli. 2015. “Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 102.” Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 01(01): 102–19.

Ahmad Khoirur Roziqin, Nur Elisa, Habibah, Indi Rahmawati, Siti Rahayu Ning Kurnia. 1385. “MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI KB/RA NURUL HIKMAH, DESA PESISIR, KEC. BESUKI, KAB. SITUBONDO Ahmad.” 17: 302.

Ariyanti, Tatik. 2016. “PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK THE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATION FOR CHILD DEVELOPMENT.” JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN DASAR 8: 50–58.

Baco, Yunisar H Baharuddin, Pupung Puspa Ardini, and Sri Wahyuningsi Laiya. 2024. “Kreativitas Guru Dalam Mengenalkan Pancasila Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal.” Student Journal of Early Childhood Education 4(2): 162–76.

Faradisha, Putu Tasha Diah, and Didith Pramuditya Ambara. 2022. “Permainan Puzzle Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Menstimulus Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 10(1): 153–62. doi:10.23887/paud.v10i1.47136.

Husnullail, M., Risnita, M. Syahran Jailani, and Asbui. 2024. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Riset Lmiah.” Journal Genta Mulia 15(0): 1–23.

Karomah, Fika Fitrotin. 2024. “Efektivitas Bermain Puzzle Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak.” Journal of Early Childhood Education 2(1): 65–76.

Nurhidayah, Nurhidayah, Muh. Jabir, and Rus’an Rus’an. 2019. “Studi Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle Di Kelompok B Tk Al-Khairaat Kabonena Kota Palu.” Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak 1(1): 53–62. doi:10.24239/abulava.vol1.iss1.4.

Praditia Zainuri, Fitri, and Huda Huda. 2023. “Mengembangkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Melalui Media Puzzle Anak Usia 5-6 Tahun.” Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5(1): 46–53. doi:10.30631/smartkids.v5i1.141.

Sakinah Siregar. 2021. “Penggunaan Media Gambar Dalam Menstimulasi Konsentarsi Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Arafah Padangsidimpuan.” Al-Abyadh 4(2): 95–100. doi:10.46781/al-abyadh.v4i2.359.

Sintia dkk. 2021. “Pengembangan Alat Permainan Puzzle Untuk Menstimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B Di Tk Alam Pelangi Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2(2): 9–10. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/636/294.

Siregar, Sakinah, and Dewi Shara Dalimunthe. 2023. “Pentingnya Pendidikan Pada Anak Usia Dini.” Marpokat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 25–44. doi:10.62086/mjpkm.v1i1.400.

Utami, Adelia Rizki, Citra Amalia Hasibuan, Widya Ismayani, Wiwik Indah Handayani, and Khadijah Khadijah. 2022. “Pengembangan Permainan Puzzle Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Islamiyah Nu.” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 6(1): 55. doi:10.30821/ansiru.v6i1.11662.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/attadzim.v1i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0