Kegiatan Deklarasi Desa Ramah Anak dan Perempuan: Cara Pengasuhan Orang Tua Kepada Anak Di Desa Dapurno

Uswatun Khasanah

Abstract


Tujuan Penelitian kegiatan ramah anak dan perempuan ini digunakan untuk melindungi hak-hak anak dan perempuan seperti hak pendidikan, hak kesehatan, dan hak pengasuhan orang tua kepada anak. Penelitian ini menggunakan Metode Suatu pendekatan yang dikenal dengan metode PRA melibatkan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan suatu kegiatan. Hasil penelitian ini yaitu bahwa Desa Dapurno merupakan Desa yang sudah Ramah Anak dan Perempuan. Bapak Puji Selaku Perangkat Desa Mengemukakan bahwa Desa Dapurno terpilih di Kecamatan Wirosari sebagai Desa yang layak anak atau Desa yang Ramah Anak dan Perempuan. Di Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan, Desa yang termasuk layak anak atau ramah anak dan perempuan yaitu Desa Dapurno, Desa Kalirejo, dan Desa Kropak. 


Keywords


Ramah Anak dan Perempuan, Parenting

Full Text:

PDF

References


Adriana, N. G., & Zirmansyah, Z. (2021). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 40. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.565

Akhmad Shunhaji, H. H. (2019). PENDIDIKAN RAMAH ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)MADINATUR RAHMAH. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Awliya, W., Alifiyah, N., & Nudin, B. (2023). Efektivitas Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 4 Pakem Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 5(1), 1281–1291. https://doi.org/10.20885/tullab.vol5.iss1.art6

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Beny Sutami, M. Rozikin, T. Y. (2020). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK MELALUI PROGRAM DESA RAMAH PEREMPUAN DAN PEDULI ANAK. 7(196030100111016), 194–200.

Candra, S. (2018). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk Dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 267. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3475

Erica, D. (2013). Penerapan Parenting Pada Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Sudut Pandang Islam. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Fatimah, N., Yusroh, M., & Musyarofah, A. (2023). Aktualisasi Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak sebagai Strategi Akselerasi Pencapaian SDGs Desa Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Mujtama Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.32528/mujtama.v3i1.9248

Fitri, A. S., Widiana, W., & Atikah, C. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 111. https://doi.org/10.29240/zuriah.v4i2.8506

Goffar, A., & Kurniawan, S. (2018). Konsep Parenting Dalam Keluarga Muslim. Edupedia, 2(2), 53–61. https://doi.org/10.35316/edupedia.v2i2.331

Hanafi. (2022). The Concept of Understanding Children in Positive Law and Customary Law. Konsep Pengertian Anak Dalam Hukum Positif Dan Hukum Adat, 6(2), 27. https://journal.uim.ac.id/index.php/justisia/article/view/1937

Jamil, M., Tegowati, Faisal, M., & Kirana, A. A. (2023). Pengoptimalan kampung ramah perempuan dan anak. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 307–316. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.20197

Kasus, S., Negeri, C., Seluma, K., & Zulhakim, A. A. (2024). INTERPRESTASI TIPOLOGI DESA RAMAH PEREMPUAN. 19(1), 45–65.

Maimun. (2017). Psikologi Pengasuhan : Mengasuh Tumbuh Kembang Anak dengan Ilmu.

Makmur, M. H., Eriyanti, L. D., Setyari, A. D., Husniah, F., & Taufiq, A. (2023). Membangun Kemanusiaan, Mewujudkan Desa Ramah Perempuan Dan Peduli Anak. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(3), 482–492. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i3.1905

Menteri, D. A. N., Perempuan, P., Perlind, J. A. N., & Anak, N. (2023). www.gonitro.com.

Partono, P. (2020). Pendidikan Akhlak Remaja Dalam Keluarga Muslim Di Era Industri 4.0. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 55–64. https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.114

Pasciana, R., & Febrina, R. I. (n.d.). Komunikasi Pembangunan dalam Implementasi Program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak ( DRPPA ) di Kabupaten Cirebon Development Communication in the Implementation of Women-Friendly and Child-Caring Village Program in Cirebon Regency. 324–333.

Putri, A., Meidiana Rahmah, E., Rifanela, H., Bunga Qonita, N., Studi Kesejahteraan Sosial, P., Dakwah dan Ilmu Komunikasi, F., & Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, U. (2022). Penerapan Teknik Participatory Rural Appraisal (Pra) Dalam Menangani Permasalahan Lingkungan di Desa Sukamaju Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(20), 378–385. https://doi.org/10.5281/zenodo.7243114

Rani Handayani. (2021). Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797

Rohman, F., Ayu, D. D., & Afriansyah, M. S. (2024). Mewujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak dalam Terciptanya Lingkungan Inklusi Sebagai Implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. 5(3), 1344–1368.

Safitri, E., & Fatmawati, S. (2023). Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak. BUNAYYA: Jurnal PendidikanIslamAnak Usia Dini, 2(2), 20–30.

Safrudin, & Rumainur. (2022). Perlindungan Perempuan dan Anak Dalam Prespektif Filsafat Hukum. Rampai Jurnal Hukum (RJH), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35473/rjh.v1i2.2229

Siti Sholichah, A., & Ayuningrum, D. (2021). Efektifitas Kegiatan Kajian Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Terhadap Pengasuhan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41

Tedja, J. N., & Chotim, E. E. (2023). Sosialisasi Sekolah Ramah Anak di Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Karya Untuk Masyarakat (JKuM), 4(2), 124–136. https://doi.org/10.36914/jkum.v4i2.959




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/attadzim.v2i2.456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0