Studi Analisis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Penurunan Kualitas Belajar Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Covid-19 has encouraged all students at the school level to study at home until things improve. The spread of the Covid-19 outbreak requires all agencies to implement the Work From Home (WFH) policy by using an application device that is connected to the internet. Technology-based learning or often referred to as online learning, of course, cannot be separated from the word social media and requires an easy and inexpensive platform to achieve educational goals. The presence of smartphones and the applications that are already available in them makes all relationships between individuals easier and more flexible. This study aims to determine the impact of online learning which results in a decrease in the quality of students, to find out and find ways to overcome the impact of the decline in learning, by conducting research (question and answer) to Madrasah Ibtidaiyah students. The conclusion of this study is to find out how to overcome the impact of decreasing student learning quality in various ways, such as the teacher making more interesting learning strategies so that children do not get bored easily and divert their thoughts to other things.
Covid-19 mengakibatkan semua siswa di jenjang sekolah  di anjurkan untuk belajar di rumah sampai keadaan membaik. Penyebaran wabah Covid-19 menuntut seluruh instansi menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) dengan menggunakan perangkat aplikasi yang terhubung dengan internet. pembelajaran berbasis teknologi atau sering dikatakan sebagai pembelajaran online (pembelajaran daring), tentu saja tidak bisa dilepaskan dari kata media sosial dan membutuhkan platform yang mudah, dan murah, guna untuk mencapai dalam suatu tujuan pendidikan. Hadirnya smartphone serta aplikasi yang sudah tersedia didalamnya, menjadikan semua hubungan antar sesama individu lebih mudah dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pembelajaran daring yang mengakibatkan penurunan kualitas besiswa, mengetahui dan mendapatkan cara untuk menanggulangi dampak penurunan belajar tersebut, dengan melakukan penelitian (Tanya jawab) siswa MI . Kesimpulan penelitian ini adalah mengetahui cara dalam mengatasi dampak penurunan kualitas belajar siswa dengan berbagai cara, seperti guru menciptakan strategi pembelajaran yang lebih menarik sehingga anak tidak mudah bosan dan mengalihkan pikirannya ke hal-hal yang lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adityo, Susilo. 2020. “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.†Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7: 45.
Alfiah. 2020. “Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan.†Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 3: 217.
Hanik, Elya Umi. 2020. “Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah.†ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8(1): 183.
Harianto, Agus. 2019. Guru Di Antara Komplesitas Dan Kontroversi. Yogyakarta: CV.Budi Utama.
Ismail, Makki. 2019. Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. ed. moh. Afandi. Kadur Pamekasan: Duta Media.
Mizanul Akrom. 2019. Pendidikan Islam Kritis, Pluralis Dan Kontekstual. Bali: CV.Maudilan Group.
Salsabilla, Sidqi, and Ashif Az Zafi. 2020. “Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 7(1): 35–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index (October 16, 2020).
Suryo, Hartono. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah. Grobogan: CV.Sarnu Untung.
Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di SD. Jakarta: Prenadamedia Group.
Umam, Syaiqul. 2020. “Pemilihan Strategi Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring.†Al Hikmah: Journal of Education 1(1): 1–10. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/1 (January 27, 2021).
Wahyuudin. 2020. “Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 Sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21.†Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020: 7.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i2.21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora