Pembelajaran Daring Pemicu Degradasi Moral Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19
Abstract
This study discusses the decline in the quality of education and morale of students in the Covid 19 pandemic era, which requires all learning at school to be done online. Online learning is very influential on the character and morals of students because it is not carried out face-to-face and the teacher cannot directly instill moral values in the classroom as the teacher's job should be, namely teaching and educating. The character of students will change for good or bad in this sparkling era of the pandemic issue if the parents of students can play a role as teachers in learning from this home. This study uses the library reset method. This research is expected to help teachers in instilling moral values in students in this distance learning.
Penelitian ini membahas megnenai penurunan mutu pendidikan dan moral peserta didik di era pandemi covid 19, yang mengharuskan semua pembelajaran disekolah dilakukan dengan daring/online. Pembelajaran daring sangat berpengaruh pada karakter dan moral peserta didik karena tidak dilaksanakan secara tatap muka dan guru juga tidak bisa menanamkan nilai-nilai moral yang ada didalam kelas secara langsung seperti halnya tugas guru semestinya yaitu mengajar dan mendidik. Karakter peserta didik akan berubah menjadi baik atau buruk di era gemerlap isu pandemi ini, jika orang tua peserta didik bisa berperan menjadi guru didalam pembelajaran dari rumah ini. Penelitian ini menggunakan metode perpustakaan reset. Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam menanamkan nilai-nilai moral peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asabah, Hikmah, N., & Partono. (2020). THE SUMMARY OF JASMANI AND THE SPIRIT OF A MUSLIM FACING THE COVID-19 PLAGUE. Retrieved January 27, 2021, from Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam website: https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/tar/article/view/1248/564
Bungin,burhan,2005.Metodologi peneitian kuntitatif:komunikasi, ekonomi, dan kebijakan pubik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: kencana.
Hiqmatunnisa, H., & Zafi, A. A. (2020). Penerapan Nilai-nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih di PTKIN Menggunakan Konsep Problem-Based Learning. JIPIS, 29(1), 27–35. http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/546
Izzah, N. I. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pendidikan Agama Islam. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 35–46. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/5
Jahroh,windi,siti, sutarna,nana. Pendidikan karakter sebagai upaya mengatasi degradasi moral.
Megawangi,Ratna.2004.Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat Untuk Membangun Bangsa.jakarta: Rineka Cipta.
Munadliroh,Nur,Hafizatul.Faizah,Silviana,Nur.2020.Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid 19.Lamongan:Litbang Pemas Unisla
Muthohar,sofa,2013.antisipasi degradasi moral diera global.Semarang:Jurnal pendidikan islam. Vol 7
Partono, & Rosada, A. (2020). Sikap Optimis di Masa Pandemi Covid-19. Al Insyirah Jurnal Studi Islam, 6, 112–126. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3889/2875
Pohan,Albert,Efendi.Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah.Purwodadi:CV. Sarnu Untung.
Rahim,Abdul.2020.Reaktualisasi Implementasi Sistem Pendidikan Integratif Di Sekolah Dalam Mengantisipasi Degradasi Moral.Yogyakarta:jurnal Kewarganegaraan. Vol 4
Republik Indonesia,Undang-undang RI No.20 tentang system pendidikan, Bab 2, pasal 3.
Safitri, E. N., & Zafi, A. A. (2020). Konsep Humanisme Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 78–89. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/3842
Siahaan,Matdio.2020.Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.Jakarta Raya:Jurnal Kajian Ilmiah,edisi khusus No.1
Subhi, Imam. 2020. Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid 19.STIT Kota Pagar Alam: Edification. Vol. 03
Surur,misbahus. 2010. Problematika pendidikan moral di sekolah dan upaya pemecahannya.Surabaya:Jurnal fikroh. Vol. 4
UU RI No.20 tentang system pendidikan, Bab 2, pasal 3
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i2.24
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora