Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidiyah (MI) Sa’adatul Khairiyah Tebing Tinggi Pada Masa Pendemi Covid-19

M Iqbal, Nurhayati Nurhayati, Putra Mrdhotillah, Suci Ayu, Sunardi Sunardi, Unita Sari

Abstract


Covid 19 is a virus that can spread very quickly and can cause death. This virus can attack respiratory tract infections such as coughs and colds. The spread of this virus can be from public places or crowds, through physical contact such as a handshake. In these conditions, teachers and students are required to conduct learning via E-Learning or online media. This is done to break the chain of transmission of Covid-19. Learning in this study uses online learning or can be called distance learning (from home) with the guidance of parents and teachers at school. Students conduct online learning and interact with teachers using several applications. Generally use whatsapp groups. This study aims to determine the effect of online learning on students' interest in learning during the COVID-19 period. Respondents taken were students, teachers and parents of students in the area of the village of the high cliffs. The results showed that online learning during the COVID-19 pandemic greatly affected students' interest in learning, students felt bored at home, and students did not understand the learning given by the teacher when online.

Covid 19 adalah virus yang bisa menular yang sangat cepat dan bisa menyebabkan kematian. virus ini bisa menyerang infeksi saluran pernafasan seperti batuk dan pilek. Penyebaran virus ini bisa dari tempat umum atau keramaian ,melalui kontak fisik seperti  jabat tangan. Pada kondisi seperti ini guru dan anak murid diharuskan untuk melakukan pembelajaran secara E-Learning atau media online. Hal ini dilakukan untuk memutuskan rantai penularan Covid-19. Pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran daring atau bisa disebut dengan pembelajaran jarak jauh (dari rumah) dengan bimbingan orang tua dan guru di sekolah. Siswa melakukan pembelajaran daring dan berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi. Umumnya menggunakan whatsapp group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa  COVID -19. Responden yang diambil adalah siswa, guru dan orang tua siswa di wilayah Desa tebing tinggi. Hasil penelitian menujukan bahwa pembelajarn daring pada masa pendemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa, siswa merasa bosan saat di rumah, serta siswa tidak paham dengan pembelajaran diberikan oleh guru  saat daring.

Full Text:

PDF

References


Agus purwanto.2020.Studi Eksplorasi Dampak work From Home Terhadap Kinerja Guru Selama Pendemi Covid -19.

Ahsani, E. L. F., & Mulyani, S. E. (2020). The Implementation of Distance Learning Based E-Learning for Developing Student’s Life Skills. Didaktika: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 115–120. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/didaktika.v3i2.34805

Asrul, Moh afil. Dampak pembelajaran online terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMPN SATAP 1 Ladongi.

Aulia,S . 2020 Pembelajaran Daring pada Masa Pendemi.

Riamin. 2016. Menumbuhan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R dan D.

Harnani s. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid 19

Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(1), 32–52.

Taradisa nindia.dkk .Kendala yang dihadapi guru mengajar daring pada masa Pandemi COVID-19 di MIN 5 Banda Aceh.

Rifnida.dkk.2021. Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19.

Yunitasi ria,umi hanifah.Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19.

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. 2007. The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E- Learning, Vol.5(3).1.

Isnaeni, A., & Ahsani, E. L. F. 2020. Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Resitasi Berbasis Teknologi Bagi Siswa MI/SD. As-Sibyan, 3(2), 12-20.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature,3 (1), 99-110

Safitri, E. N., & Zafi, A. A. (2020). Konsep Humanisme Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 78–89. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/3842

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,Dan

Syarifudin, A. S. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tabrani, Rusyan Atang Kusdinar A dan Zaenal Arifin. (1992). Strategi dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Umam, S. (2020). Pemilihan Strategi Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 1–10. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/1




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v2i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora