Permasalahan Pembelajaran PAI dan Solusinya di SD 1 Peganjaran

Imalia Yoni

Abstract


Islamic Religious education is a learning system that can prepare students to recognize, understand, appreciate, believe in, and be devoted to, based on the Qur’an and Hadits. The purpose of Islamic Education itself is to foster students to get closer to the creator of the universe and understand how great his power is and can carry out the teachings of Islam properly and perfectly, such as carrying out the obligations of every Muslim and stay away from his prohibitions. The scope of Islamic religious education is the knowledge of monotheism, the science of jurisprudence, Al-Qur’an, Hadits, Morals, and Islamic dates. In the Implementation, there are problems, various problems that are internal, or external. The solution offered to overcome the problems of Islamic education in schools is through a partial approach, optimizing the role of the affective domain and creating a religious climate in the educational environment.

Pendidikan Agama Islam adalah sistem pembelajaran yang dapat mempersiapkan siswa untuk Mengenali, Memahami, Menghargai, Meyakini, dan Mengabdi, Berdasarkan Al-Qur’an dan HaditsTujuan dari Pendidikan Agama Islam  itu sendiri ialah mendolong siswa agar lebih dekat dengan Pencipta Alam semesta dan memahami betapa hebatnya kekuatannya dan dapat menjalankan ajaran agama islam dengan baikdan sempurna, seperti melaksanakan kewajiban setiap muslim dan menjauhi larangannya. Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islamadalah pengetahuan tentang Ilmu Tauhid, Ilmu Fiqih, Al-Qur'an, Hadits, Akhlak, dan tanggal Islam. Dalam Impelemtasi ada Masalah, berbgai masalah yang bersifat Internal, atau Eksternal. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah pendidikan Islam di sekolah adalah melalui pendekatan Parsial, Mengoptimalkan peran domain afektif dan menciptakan iklim keagamaan di Lingkungan Pendidikan.


Keywords


dasar Pendidikan Agama Islam; permasalahan pembelajaran; pmbelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Kisbiyanto, K. (2016). Manajemen Kurikulum Dalam Perspektif Anti-Radikalisme. ADDIN, 10(1), 181. https://doi.org/10.21043/addin.v10i1.1134

Majid, A., & Andayani, D. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Remaja Rosdakarya.

Mustari, M., Taufiq Rahman, M., & Persada, R. (2014). MANAJEMEN PENDIDIKAN. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15943

Nafisah, F. T., & Zafi, A. A. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 08(1), 1–20. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20

Nata, A. (2005). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Nugraha, M. T. (2016). Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Muhamad Tisna Nugraha. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 10(1), 13–21. http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/atturats

Nurdyansyah, N., & Arifin, M. B. U. B. (2018). Integration of Islamic Values in Elementary School. https://doi.org/10.2991/icigr-17.2018.46

Partono. (2020). Pendidikan Akhlak Remaja Keluarga Muslim di Era Industri 4.0. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 71–84. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.78

Safitri, E. N., & Zafi, A. A. (2020). Konsep Humanisme Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 78–89. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/3842

Zafi, A. A. (2019). Nilai Nasionalisme Kebangsaan Aktivis Rohis. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.861

Zafi, A. A. (2020). Penerapan Nilai-nilai Moderasi al-Qur’an dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 21(1). https://doi.org/10.14421/QH.2020.%X

Zafi, A. A., & Falasifah, F. (2019). Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Purworejo 02 Pati. JURNAL AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, 1(1), 1–12.

Zanin Nu, A. (2014). Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo). DutaCom Journal, 7(1), 2086–9436. http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/597

Zuhairini. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. UIN Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora