Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Sekolah Bertaraf Internasional

Fandi Akhmad, Oktanadhiya Defa Rosana, Al A'raaf Wira Adli, Nuraini Karim Damanik, Khonsa Dhiya Ulhaq

Abstract


This study aims to increase the quality of leadership according to the context in the field, especially in the standard of international school leadership. The research method uses a qualitative research type, with the data source used is literature both in books and journals. The results showed that there was a weak but influential relationship between the School Principal's leadership on school quality its self. There is a weak but significant and influential relationship between teacher performance and school quality. Simultaneously, School Principal's leadership and teacher performance have a weak but significant relationship, and both have a positive effect on school quality.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan sesuai dengan konteks di lapangan khususnya dalam kepemimpinan pada sekolah bertaraf Internasional. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah berupa literatur baik dalam buku maupun jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang lemah namun berpengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu sekolah. Terdapat hubungan yang lemah namun signifikan dan berpengaruh antara kinerja guru terhadap mutu sekolah. Secara simultan, kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru memiliki hubungan yang lemah namun signifikan, dan berpengaruh positif terhadap mutu sekolah. 

Keywords


Pendidikan; Kepemimpinan; Sekolah; Bertaraf Internasional

Full Text:

PDF

References


Andi Rasyid. 2017. Manajemen Pendidikan. Jakarta: CELEBES MEDIA PERKASA.

Astini, Ni Komang Sari. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura.

Fattah, N, T Hartati, and E Mulyasari. 2009. “Manajemen Sekolah Bertaraf Internasional.†Jurnal Educationist III(1): 19–31.

Hartani, AL. 2011. “Manajemen Pendidikan.†http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1614 (September 8, 2020).

Kesuma, Silviani. 2017. Kunci Sukses Pemimpin Perubahan Meng-Goal-Kan Proyek Perubahan Dalam Diklat Kepemimpinan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Mulyasa, E. 2004. “Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi Dan Implementasi.†http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=995 (September 8, 2020).

Musfah, J. 2015. “Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, Dan Praktik.†https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=thVNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA135&dq=manajemen+pendidikan&ots=IE2nSs3I1D&sig=jyfL-fdVwgMhx2ZV-9XmA6ZMv3c (September 8, 2020).

Prasetya, Marzuqi Agung. 2015. “E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning.†Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10(2): 319–38.

Riduan, Muhammad. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di SMP Negeri 3 Marabahan.†Jurnal PTK dan Pendidikan 3(1).

Rukajat, Ajat. 2018. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Setiyani, Rediana. 2010. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar.†Dinamika Pendidikan 5(2): 117–33.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v2i2.40

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora