Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tema Kegiatanku Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas I SD 8 Kandangmas Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
This study aims to increase the motivation and achievement of grade I students of SD 8 Kandangmas semester I for the 2018/2019 academic year in Indonesian subjects on the theme of my activities through the cooperative learning model (Cooperativ Learning) Type of make a match assisted by picture card media. This research uses Classroom Action Research which is designed in two cycles. The procedure in each cycle includes the following stages: 1) planning, 2) implementation, 3) observation, 4) reflection. The action research carried out in two cycles resulted in the results in the first cycle, from 20 students there were 11 students or 55% achieved the predetermined completeness while the remaining 9 students or 45% had not achieved completeness. The highest score obtained by students is 90 while the lowest score is 50, the average student learning outcome is 65. The average increase in learning outcomes in the first cycle is 35% of the pre-cycle average achievement. Cycle II data shows that from 20 students there are 18 students or 90% have reached the predetermined completeness while the remaining 2 children or 10% have not achieved completeness. The highest score obtained by students was 100 while the lowest score was 70. The average student learning outcome was 80. The increase in learning outcomes that occurred in the second cycle was 18.77% of the average learning achievement in the first cycle. Based on the actions taken It can be concluded that the application of the make a match type of cooperative learning model assisted by picture card media can increase the motivation and achievement of first grade students at SD 8 Kandangmas semester I for the 2018/2019 academic year in the Indonesian language subject, the theme of my activity.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas I SD 8 Kandangmas semester I tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Tema kegiatanku melalui model pembelajaran kooperatif (Cooperativ Learning) Tipe make a match berbantuan media kartu gambar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang didesain dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: 1) perencanaa, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refelksi. Penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil pada siklus I, dari 20 siswa sudah terdapat 11 siswa atau 55 % mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan sedangkan sisanya 9 siswa atau 45% belum mencapai ketuntasan. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 90 sedangkan nilai terendah adalah 50,rata-rata hasil belajar siswa adalah 65. Peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah sebesar 35% dari rata-rata prestasi pra siklus. Data siklus II menunjukkan bahwa dari 20 siswa terdapat 18 siswa atau 90% telah mencapai ketuntasan yang telah ditentukan sedangkan sisanya 2 anak atau 10 % belum mencapai ketuntasan. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 100 sedangkan nilai terendah adalah 70. Rata-rata hasil belajar siswa adalah 80. Peningkatan hasil belajar yang terjadi pada siklus II adalah sebesar 18,77% dari rata-rata prestasi belajar pada siklus I. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe make a match berbantuan media kartu gambar dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa kelas I SD 8 Kandangmas semester I Tahun pelajaran 2018/2019 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia tema kegiatanku.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriana, Qomarul Hana. 2021. “Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Diffa_SAC Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Aplikasi Turunan.†Al Hikmah: Journal of Education 2(1): 69–80.
Ali, Muhammad. 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar.†PERNIK Jurnal PAUD 3(1).
Handayani, Sri Astuti. 2021. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE __A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL __BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUAN RUANG __KELAS II SEMESTER I TAHUN AJARAN 2018-2019 DI SDN TANDES __KIDUL I _110 SURABAYA.Pdf.†Jurnal Education and Development 9(2): 421–26.
Hanik, Syariful Anam dan Elya Umi. 2020. “Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia.†Jurnal Pendidikan 2(2): 24–24.
Khair, Ummul. 2018. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di SD Dan MI.†AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1): 81.
Kurniawan, Masda Satria, Okto Wijayanti, and Santhy Hawanti. 2020. “Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar.†Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 1(1): 65–73.
Marni. 2020. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Course Riview Horay SDN Sumbermulyo 02 Pati.†Al Hikmah: Journal of Education 1(2): 109–24.
Melchano Topandra, Hamimah. 2020. “Model Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan Tambusai 4: 1256–68.
N.A. Dewi, I.G.A. Wesnawa, and I.W. Kertih. 2021. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Peta Pikiran, Keterampilan Sosial Dan Kompetensi Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).†Jurnal Pendidikan IPS Indonesia 5(1): 21–33.
Na’im, Zulfatun, and Eva Luthfi Fakhru Ahsani. 2021. “Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring.†Pedagogika 12(1): 32–52.
Nafisah, Fiina Tsamrotun, and Ashif Az Zafi. 2020. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam Di Tengah Pendemi Covid-19.†Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 8(1): 1–20.
Rahayuningtyas, Dwi Rini et al. 2021. “Peran Guru Dalam Mempertahankan Cultural Heritage Indonesia Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.†PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 3(April): 27–37.
Ramelan. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Example Non Example Di Kelas VI SD Negeri No 053979 Kepala Sungai.†EJS 7(1): 54–61.
Satria, Tio Gusti. 2017. “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas Iv Jakarta Barat.†Jurnal PGSD 10(2): 114–20.
Syihabudin, Syahna Apriani, and Trisna Ratnasari. 2020. “Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Pada Anak Usia Sekolah Dasar.†Jurnal Belaindika I(01): 21–31.
Wahyu A, Keke Citra. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Speaking Card Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar.†Satya Widya 33(1): 54.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v2i2.42
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora