Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Tema 2 Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas VI SDN Tanjungsari

Marni Marni

Abstract


The purpose of this research is to describe the learning process of the Talking Stick model in learning Theme 2 Sub-theme 2 Learning 6, to find out whether the Talking Stick model can increase student learning motivation, and to find out whether the Talking Stick model can improve student learning outcomes of Class VI SDN Tanjungsari. This research method uses classroom action research. The research subjects were students of class VI SD Negeri Tanjungsari, Jakenan District, Pati Regency. The research procedure was carried out in 2 cycles of action. The results of the research in cycle I obtained an average value of 2.50 in the sufficient category, student learning motivation obtained an average score of 69 in the sufficient category, and completeness of the learning outcomes was 73% with an average value of 78. In the second cycle, it increased to an average value. 3.29 with a very good category, student learning motivation increased to 88 in the good category, while the completeness of student learning outcomes was 92% with an average score of 88.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran model Talking Stick pada pembelajaran Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 6, untuk mengetahui apakah melalui model Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dan untuk mengetahui apakah melalui model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SDN Tanjungsari. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VI SD Negeri Tanjungsari  Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Hasil penelitian siklus I memperoleh nilai rata 2,50 dengan kategori cukup, motivasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata yaitu 69 dengan kategori cukup, dan ketuntasan hasil belajar 73% dengan nilai rata-rata 78. Pada siklus II meningkat menjadi nilai rata-rata 3,29 dengan kategori sangat baik, motivasi belajar siswa meningkat menjadi 88 dengan kategori baik, sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa 92% dengan nilai rata-rata 88.


Keywords


motivasi belajar; hasil belajar; talking stick

Full Text:

PDF

References


Ahsani, E. L. F. (2020). Analisis Bahan Ajar Kurikulum 2013 Berbasis Multiple Intelligence Kelas Iv. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 19-36.

Damayanti, N. K. I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B8 SMP Negeri 6 Singaraja dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 5(3), 52-61.

Hasan, R., Ngatiyo, H., & Aunurrahman, H. (2013). Penerapan talking stick untuk motivasi belajar mata pelajaran ipa kelas III SDN 04 Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Jamiati, J., Sahputra, R., & Akip, M. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 56-63.

Novida, I. (2018). Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Pejuang Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Rahayu, S., Halimah, M., & Rustono, W. S. (2018). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 308-318.

Safitri, L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 1 (1):84-91

Siregar, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar dan aktivitas visual siswa pada konsep sistem indra. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 3(2), 100-106.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Arikunto Suharsimi.

Suparman S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher

Utami, W. S. (2013). Metode Talking Stick Dengan Media Audio Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Stenografi. Dinamika Pendidikan, 8(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora