Upaya Penggunaan Model Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Aspek Spiritual Siswa SD 2 Medini

Ervi Rosmayanti

Abstract


In the era of the Covid-19 virus pandemic, all educational services are expected to be taught at home. To overcome this problem, the teacher is anticipating online learning, using a distance learning model. So that students at home can still study. This study aims to determine the efforts to use distance learning models to improve the spiritual aspects of SD 2 Medini students amid the Covid-19 pandemic. This research method uses qualitative methods with the subjects of this study, namely students of class VI SD 2 Medini, Kudus. The results of this study were the implementation of the class VI distance learning model at SD 2 Medini using the WhatsApp application. The obstacles experienced include a commitment from parents and students and students are not consistent with their lesson schedules. Spiritual aspects of distance learning that can be applied in SD 2 Medini include appreciating and living up to the religious teachings that are adhered to. Praying before and after doing something and carrying out worship on time

Pada era pandemi virus covid-19 ini, semua layanan pendidikan diharapkan belajarkan dirumah. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mensiasati belajar online, dengan menggunakan model pembelajaran jarak jauh. Agar siswa dirumah tetap bisa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penggunaan model pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan aspek spiritual siswa SD 2 medini ditengah pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD 2 Medini, Kudus. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan model pembelajaran jarak jauh kelas VI di SD 2 Medini menggunakan aplikasi whatsApp. Hambatan yang dialami diantaranya komitmen dari orang tua dan siswa itu dan siswa tidak konsisten terhadap jadwal pelajarannya. Aspek spiritual dalam pembelajaran jarak jauh yang dapat diterapkan di SD 2 Medini diantaranya menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu dan Menjalankan ibadah tepat waktu.


Keywords


model pembelajaran jarak jauh; aspek spiritual; pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. F. 2020. Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195-222.

Ahsani, E. L. F. 2020. Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 3(1), 37-46.

Marzuki, 2012. Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah, tersedia pada jurnal. uny.ac.id/index.php/jpka/article/viewfile/1450/1237. (Diakses pada tanggal 14 Mei 2020)

Mayasari. 2013. Manajemen Pembelajaran Homeschooling (Studi Kasusu di Sekolah Dolan Malang), Skripsi tidak diterbitkan. (Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)

Moleong. L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakrya

Nafisah, F. T., & Zafi, A. A. 2020. Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1-20.

Ni'mah, F. I. 2015. Manajemen pembelajaran jarak jauh (distance learning) pada homeschooling" Sekolah Dolan" di Kota Malang. SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Rusman & Riyana 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman Kurniawan, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: Sinar Grafika

Sugiyono 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tatang Syarifudin. 2019. Landasan Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2011: Sinar Grafika.

Widhiarta. P. A, Memahami Lebih Lanjut tentang E-Learning (online), (http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2008/07widhiarta_elear ning.pdf), diakses 13 Mei 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora