The Effect of Online Practicum Learning on Concept Understanding of UST Yogyakarta Science Student
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi, Mahirah Ulfah, Mustafa Mustafa, and Andi Ulfa Tenri Pada*. 2021. “Penerapan Pendekatan STEM Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik.†Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 5(3): 209–18.
Argaheni, Niken Bayu. 2020. “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia.†PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya 8(2): 99.
Arifin, Mohammad Muhsin, Srihandono Budi Prastowo, and Alex Harijanto. 2022. “Efektivitas Penggunaan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Pembelajaran Fisika 11(1): 16.
Astuti, Rina et al. 2021. “Efektivitas Praktikum Biokimia Secara Luring Dan Daring Guna Meningkatkan Pemahaman Materi Protein Pada Mahasiswa Effectiveness of Biochemical Practices By Stainless and Line To Improve Understanding of Protein Materials in Students.†Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains 2(1): 13–18.
Dalam, Winanda Wahana Warga, and Sinarti Sinarti. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Auditing Di Politeknik Negeri Batam.†Journal of Applied Accounting and Taxation 4(1): 100–106.
Hamid, Rimba, Izlan Sentryo, and Sakka Hasan. 2020. “Online Learning and Its Problems in the Covid-19 Emergency Period.†Jurnal Prima Edukasia 8(1): 86–95.
Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, and Barokah Widuroyekti. 2020. “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Sinestesia 10(1): 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44.
Lasmo, Siscawati Rizki, Singgih Bektiarso, and Alex Harijanto. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Teknik Probing-Promptingterhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Di Sma.†Jurnal Pembelajaran Fisika 6(2): 162–67.
Muknin, Bagus Amirul et al. 2020. “Implementasi Perkuliahan Daring Mata Kuliah Pendidikan Laboratorium IPA Pada Masa Pandemi.†Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(1): 1–8.
Nisa, Umi Mahmudatun. 2017. “Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat Pada Materi Zat Tunggal Dan Campuran.†Journal Biology Education 14(1): 62–68.
Noor, Yusmaniar Afifah, Made, Ngurah et al. 2020. “Praksis Praktikum Fisika Mode Daring: Studi Kasus Pembelajaran Di SMA/MA Jawa Tengah Dan Jawa Timur Semasa Pandemi Covid-19.†UPEJ Unnes Physics Education Journal 9(3): 276–83.
Oktavianti, Nugrahaningsih. 2021. “Guided Inquiry Learning Berbantuan Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS) Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Sistem Gerak Manusia.†In Prosiding Semnas Biologi:FMIPA UNNES, , 55–66.
Pratiwi, Esti Mulyati, Gunawan Gunawan, and Ida Ermiana. 2022. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa.†Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2): 381–86.
Puspitasari, Sayekti Nur, Suyono Suyono, and Erika Laras Astutiningtyas. 2021. “Efektivitas Penerapan E-Modul Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII Pada Materi Pola Bilangan Masa Pandemi.†Journal of Mathematics Education and Learning 1(3): 274.
Sadiqin, Ikhwan Khairu, Uripto Trisno Santoso, and Arif Sholahuddin. 2017. “Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving Pada Topik Perubahan Benda-Benda Di Sekitar Kita.†Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 3(1): 52.
Safitri, Mia, and Dzulfikar Akbar Romadlon. 2021. “Problematika Kuliah Daring Mahasiswa PAI Saat Pandemi Covid-19.†Intizar 27(2): 77–85.
Setiyaningsih, Anggi, Ramadona Rahmawati, and Siwi Danawarih. 2021. “Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Fisika Saat Pandemi Covid-19.†Seminar Nasional dan Call Paper Mahasiswa (April): 191–99.
Sugiharti, Sindi, and Muhamad Kurnia Sugandi. 2020. “Laboratorium Virtual : Media Praktikum Online Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Masa Pandemi.†Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 1(1): 45–51.
Sugiyarto. 2019. “Dalam Rutinitas Ploses.†Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi PKJP UNS 1(1): 2009.
Sukma, Adnyani, Ni Wayan, Et.al. 2021. “Analisis SWOT Pembelajaran Daring Mahasiswa Kebidanan Pada Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7(2): 437.
Sultan, Ana Dhiqfaini. 2021. “Efektivitas Praktikum Fisika Dasar Penentuan Percepatan Gravitasi Berbasis Virtual Mobile Observatory.†Kasuari: Physics Education Journal 4(1): 13–20.
Susanti &, and Tias Ernawati. 2021. “Pengembangan E-Modul IPA 2 Untuk Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Koulutus 4(2): 224–31.
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v3i1.99
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Al Hikmah: Journal of Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora