Identifikasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Menguatkan Pendidikan Karakter Religius
Abstract
Keywords
References
Ancok, Dr. D., & Suroso, F. N. (1994). Psikologi Islam: Solusi Islam atas Probelem Psikologi. Pustaka Belajar.
Azizah, A. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo Jawa Timur 2021/2022 [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Choliq, N. (2023, Desember 19). Pelaksanaan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) [Komunikasi pribadi].
Febriana, L., & Qurniati, A. (2021). Pendidikan Agama Islam Berbasis Religiusitas. Jurnal UMB.
Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51–60. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1561
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. At-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Immawan, S. (2023, Desember 19). Karakter Religius Peserta Didik SMP 1 Kudus [Komunikasi pribadi].
Kementerian Agama Al Qur’an Dan Terjemahnya Edisi 2019. (t.t.). Diambil 29 Mei 2023, dari http://archive.org/details/kementerian-agama-al-quran-dan-terjemahnya-edisi-2019
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila. (2022).
Khofifah, N. (2023). Penguatan Karakter Religius dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar Islam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 1734–1745.
Nasrudin, E., Sandi, M. K., Alfian, M. I. R., & Fakhruddin, A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius melalui Ekstrakurikuler Keagamaan di SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 11–19. https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.55288
Observasi Karakter Religius Pada Peserta Didik di SMP 1 Kudus. (2024, Januari 8). [Komunikasi pribadi].
Oemar, H. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Partono, P., & Khusnussawab, I. (2023). The Implications of a Broken Home in Religious Character Education in Samirejo Village. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 7(1), 103. https://doi.org/10.21043/ji.v7i1.19101
Prof. Dr. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (7 ed.). Alfabeta.
Purnomo, E. (2024, Januari 8). Nilai Religius [Komunikasi pribadi].
Setiawan, A. (2024, Januari 16). Kebijakan Kurikulum SMP 1 Kudus [Komunikasi pribadi].
Shihab, M. Q. (2002a). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Vol. 15). Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2002b). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an (Vol. 07). Lentera Hati.
Sobirin. (2023a, Desember 19). Deskripsi Penilaian P5 Dimensi Projek Gaya Hidup Berkelanjutan [Komunikasi pribadi].
Sobirin. (2023b, Desember 19). Deskripsi Penilaian P5 Dimensi Projek Kearifan Budaya Lokal [Komunikasi pribadi].
Sobirin. (2023c, Desember 19). Deskripsi Penilaian P5 Dimensi Projek Kewirausahaan [Komunikasi pribadi].
Sobirin. (2023d, Desember 19). Deskripsi Penilaian P5 Dimensi Projek Rekayasa Teknologi [Komunikasi pribadi].
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasil dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 2. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Tim PPK Kemendikbud. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter.
Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1. (t.t.).
UU SISDIKNAS N0. 20 Tahun 2003 pasal 3. (t.t.).
DOI: http://dx.doi.org/10.54168/iluminasi.v2i1.284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
ILUMINASI: Journal of Research in Education publised by Lembaga Pendidikan Hikmatun Najah (LPHN) Blora