Pendampingan Pembuatan Konten Digital Marketing Melalui Media Sosial pada CV Seleksi Alam Muria

Agus Supriyanto, Vilda Kistia Marsela Putri, Ervin Selviana, Fahrida Aliani, Tasya Salsabiela, Zunita Dyah Kusumawati, Muhammad Aslam Hikmawan, Arif Chasanul Muna

Abstract


Sosial media merupakan salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha, khususnya UMKM untuk mengenalkan dan menawarkan produk kepada konsumen secara digital melalui konten. Tujuan dari program pendampingan ini adalah untuk membantu UMKM CV Alammu dalam pembuatan konten marketing untuk memasarkan produk, dan mengenalkan produk kepada masyarakat luas. Program pendampingan ini dilakukan dengan cara kolaborasi antara mahasiswa dengan pihak pemilik CV Alammu. Hasil dari kegiatan pendampingan yang dilakukan pada CV Alammu yaitu pembuatan konten marketing sebagai sarana bisnis dengan memanfaatkan sosial media. Kegiatan pendampingan juga melibatkan mahasiswa sebagai talent dalam pembuatan konten marketing. Konten yang kami buat berupa konten edukasi yang memberikan informasi mengenai manfaat dari parijotho. Mahasiswa mengharapkan dengan dilakukan kegiatan pendampingan ini, masyarakat bisa melihat konten-konten yang ada pada sosial media CV Alammu mengenai manfaat dari sirup parijotho. Hal itu akan membawa pengaruh positif bagi CV Alammu dalam peningkatan penjualan sirup parijotho.

Keywords


Pendampingan UMKM, Digital Marketing, Sosial Media

Full Text:

PDF

References


Adiyono, Niko Garuda, Tantri Yanuar Rahmat, and Rina Anindita. 2021. “Digital Marketing Strategies to Increase Online Business Sales through Social Media.†Journal of Humanities, Social Science, Public Administration and Management (HUSOCPUMENT) 1(2): 31–37.

Alavi, Shirin. 2016. “New Paradigm of Digital Marketing in Emerging Markets: From Social Media to Social Customer Relationship Management.†International journal of management practice 9(1): 56–73.

Bala, Madhu, and Deepak Verma. 2018. “A Critical Review of Digital Marketing.†M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering 8(10): 321–39.

Bhor, Harsh Namdev, Tushar Koul, Rajat Malviya, and Karan Mundra. 2018. “Digital Media Marketing Using Trend Analysis on Social Media.†In 2018 2nd International Conference on Inventive Systems and Control (ICISC), IEEE, 1398–1400.

Dewi, Nency Puspita, and Agus Supriyanto. 2017. “Dampak Media Sosial Terhadap Kinerja Bisnis Melalui Pemasaran Berbasis Output Dan Biaya.†Riset Manajemen Dan Akuntansi 8(2).

Dolega, Les, Francisco Rowe, and Emma Branagan. 2021. “Going Digital? The Impact of Social Media Marketing on Retail Website Traffic, Orders and Sales.†Journal of Retailing and Consumer Services 60: 102501.

Dwivedi, Yogesh K et al. 2021. “Setting the Future of Digital and Social Media Marketing Research: Perspectives and Research Propositions.†International journal of information management 59: 102168.

Erlangga, Heri. 2021. “Effect of Digital Marketing and Social Media on Purchase Intention of Smes Food Products.†Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT) 12(3): 3672–78.

Järvinen, Joel, Aarne Tollinen, Heikki Karjaluoto, and Chanaka Jayawardhena. 2012. “Digital and Social Media Marketing Usage in B2B Industrial Section.†Marketing Management Journal 22(2).

Keke, Mehmet Emin. 2022. “The Use of Digital Marketing in Information Transport in Social Media: The Example of Turkish Companies.†Transportation Research Procedia 63: 2579–88.

Kumar, Pawan, and Gursimranjit Singh. 2020. “Using Social Media and Digital Marketing Tools and Techniques for Developing Brand Equity with Connected Consumers.†In Handbook of Research on Innovations in Technology and Marketing for the Connected Consumer, IGI Global, 336–55.

Lestari, Putri Indah, and Agus Supriyanto. 2022. “Keputusan Pembelian Mi Samyang Pada Generasi Z: Ditinjau Dari Labelisasi Halal, Halal Awareness, Harga, Dan Promosi.†Journal of Current Research in Business and Economics 1(2): 12–22.

Silvia, Sarah. 2019. “The Importance of Social Media and Digital Marketing to Attract Millennials’ Behavior as a Consumer.†Marketing 4(2): 7–10.

Stephen, Andrew T. 2016. “The Role of Digital and Social Media Marketing in Consumer Behavior.†Current opinión in Psychology 10: 17–21.

Supriyanto, Agus et al. 2023. “Kesuksesan Muslimah Pelaku UMKM: Peran Dimensi Entrepreneurial Orientation.†BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 10(2): 267–86.

Supriyanto, Aguset al. . 2023. “Peran Nilai-Nilai Islami Dalam Kewirausahaan Untuk Menunjang Sebuah Kinerja Bisnis.†El-Hekam 7(1): 69–82.

Supriyanto, Agus, Venia Rosmalia, Alef Sa’di Aman, and Ulia Ayuning Tias. 2021. “Pemanfaatan Social Media Sebagai Pemasaran Bisnis Di Era Society 5.0.†JANAKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT KEWIRAUSAHAAN INDONESIA 2(2): 55–65.

Vieira, Valter Afonso et al. 2022. “Optimising Digital Marketing and Social Media Strategy: From Push to Pull to Performance.†Journal of Marketing Management 38(7–8): 709–39.

Yadav, Mayank, Yatish Joshi, and Zillur Rahman. 2015. “Mobile Social Media: The New Hybrid Element of Digital Marketing Communications.†Procedia-social and behavioral Sciences 189: 335–43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0